Tutorial Lengkap Mendaftar Kartu Prakerja Melalui Web prakerja.go.id

Program Kartu Prakerja menjadi salah satu stimulus dari pemerintah, diantaranya untuk membantu para pekerja yang sudah tidak lagi bekerja seperti dirumahkan atau  terkena PHK akibat dari pandemik Covid-19.

Salah satu pertanyaan ketika mendaftar kartu prakerja yang merupakan pernyataan dari pendaftar adakah "Apakah anda menjadi menganggur karena adanya COVID-19?" Selanjutnya pendaftar harus menjawab dengan pilihan "IYA" atau "TIDAK", baru kemudian bisa melanjutkan ke pernyataan berikutnya.

Pelaksanaan program kartu prakerja ditahun 2020 telah resmi dibuka oleh pemerintah, Untuk gelombang pertama sudah dimulai sejak tanggal 11-16 April dengan membuka pendaftaran melalui online.

Syarat daftar Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal. Pendaftaran bisa dilakukan setiap saat selama 24 jam.

Keuntungan Kartu Prakerja yaitu memberikan kursus bagi para pesertanya agar lebih kompeten dibidangnya tanpa perlu membayar. Bahkan peserta yang terdaftar akan menerima bantuan uang sebesar Rp.3.550.000,- untuk keperluan biaya pelatihan dan uang insentif.

Saya sendiri tertarik mengikuti tes pendaftaran kartu prakerja untuk mengasah kemampuan, karena salah satu kursus pelatihan yang disediakan diantaranya adalah bisnis online.

Ketika mendaftar kartu prakerja, peserta harus menyeleaikan 3 tahapan yaitu membuat akun,input data diri,mengikuti tes motivasi lalu bergabung pada gelombang yang sedang berlangsung, dan selesai tinggal menunggu hasilnya diterima atau tidak.
Tahapan mendaftar Kartu Prakerja serta media yang digunakan bisa melaui gadget handphone atau PC/Laptop yang terkoneksi ke internet dengan mengakses website prakerja.go.id


Membuat Akun

Langkah pertama membuat akun di platform Kartu Prakerja dengan klik > Daftar Sekarang kemudian masukan alamat Email dan membuat Password lalu centang syarat dan ketentuan kemudian klik > Daftar

Membuat_akun_kartu_prakerja
Laman web prakerja.go.id

Selanjutnya cek inbox Email, karena link verifikasi dikirimkan ke alamat email yang Anda daftarkan.

Lalu klik tombol > Verifikasi Email hingga notifikasi Email Telah Terverifikasi agar bisa melanjutkan proses pendaftaran Kartu Prakerja.

Selanjutnya buka dasboard.prakerja.go.id kemudian masukkan email dan password lalu klik > Login untuk masuk ke akun Anda.


Mengisi Data Pribadi

Tahapan selanjutnya mengisi data pribadi seperti verifikasi KTP, Data diri, dan memasukkan nomor HP.
Verifikasi KTP, masukkan 16 digit nomor KTP dan tanggal lahir anda. Lalu klik > Lanjutkan.

Verifikasi data diri sesuai KTP


Halaman selanjutnya melengkapi data diri anda sesuai KTP dengan mengisi form yang disediakan.
  1. Nama lengkap
  2. Alamat sesuai KTP
  3. Provinsi
  4. Kabupaten/ Kota
  5. Kecamatan
  6. Jenis Kelamin
  7. Pendidikan Terakhir
  8. Status Kebekerjaan, pilih tidak bekerja atau sedang bekerja.
  9. Foto KTP, Silahkan klik > Pilih File KTP maksimal ukuran file 2MB dengan format JPEG/PNG bisa unggah file dari galeri
  10. Selfie dengan KTP, Silahkan klik > Pilih File Selfie pastikan seluruh bagian muka dan KTP anda berada dalam bingkai foto maksimal ukuran file 2MB dengan format JPEG/PNG.
  11. Klik > Lanjutkan
* NOTE
Foto KTP dan foto selfi sambil memegang KTP usahakan terlihat jelas/ tidak blur, karena unggah foto bisa memilih file yang tersimpan di galeri kemudian ukuran file harus dibawah 2MB sedangkan type kamera handphone terkini menghasilkan ukuran file rata-rata diatas 2MB.

Saran dari penulis, sebelum melakukan pendaftaran kartu prakerja silahkan untuk membuat foto KTP dan juga foto Selfi kemudin file diubah ukurannya terlebih dahulu. Silahkan untuk membaca artikel Cara merubah ukuran file foto

Halaman selanjutnya verifikasi nomor handphone, masukkan nomor HP anda untuk menerima SMS kode OTP. Lalu klik > kirim

Verifikasi OTP, masukkan 6 digit kode verifikasi yang telah dikirim ke nomor HP anda. Lalu klik Verifikasi.


Pernyataan Pendaftar

Selanjutnya pendaftar diminta untuk memilih "Ya" atau "Tidak" untuk semua jawaban dari 3 pertanyaan sebagai pernyataan dari pendaftar.

Setelah penyataan berhasil di submit, lalu klik > Oke


Tes Motivasi & Kemampuan Dasar

Prasyarat untuk menerima kartu prakerja, semua pendaftar harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar yaitu menjawab pertanyaan yang berisi 18 soal.

Anda harus menjawab semua soal dengan pilihan jawaban yang sudah disediakan dengan durasi maksimal pengerjaan 25 menit. (waktu dimulai sejak anda mengerjakan soal).
Apabila waktu habis 25 menit, kemudian tes dianggap selesai dan soal yang berhasil dijawab akan dikirim secara otomatis. Sedangkan soal yang diuji berupa pengoperasian matematika, pengurutan instruksi, dan pemahaman bacaan non-sastra.

* NOTE
Sebelum melanjutkan ke tahap pengerjaan soal, pastikan anda sedang berada di tempat yang kondusif dengan koneksi internet yang stabil. Bila perlu anda bisa menggunakan alat bantu seperti kertas dan pensil/pulpen untuk menyelesaikan soal.

Tes motivasi dan kemampuan dasar


Contoh untuk soal 1 dan soal ke 18 bisa dilihat pada gambar screenshot diatas ini. Setelah semua soal selesai dikerjakan lalu klik > Selesai kemudian konfirmasi jawaban dengan klik > YA,SUDAH atau klik Belum jika ingin mengulang apabila durasi masih tersedia.

Tes selesai dengan pemberitahuan di halaman selanjutnya, Tes anda sudah berhasil dikumpulkan dan akan segera kami evaluasi.

Proses pendaftaran telah selesai tinggal menunggu hasil dari evaluasi. Selanjutnya kembali ke akun Anda dengan klik > Check Dasboard.

Tes motivasi dan kemampuan dasar
Sedang dievaluasi

Silahkan klik  > Daftar untuk ikut Gabung Gelombang yang sedang berlangsung.

Pemberitahuan yang ada di platform kartu prakerja sesuai domisili masing-masing. Kemudian tunggu hasil dari evaluasi. keterangan diatas hasil seleksi untuk gelombang pertama ditahun 2020 ini dibuka tanggal 11 di tutup tanggal 17 april dan akan di umumkan hasilnya paling lambat tanggal 18 april.

* UPDATE
Tanggal 17 malam hari hasil seleksi dari gelombang pertama sudah bisa dilihat di dasboard akun masing - masing pendaftar dengan pemberitahuan di terima maupaun yang ditolak.


notifikasi diterima kartu prakerja

Gambar diatas ini yang sebelah kiri pemberitahuan untuk pendaftar yang mengikuti seleksi, namun tidak lolos dengan alasan tidak memenuhi kuota. Namun masih berkesempatan untuk mengikuti gelombang selanjutnya tanpa harus mendaftar ulang.

Sedangkan untuk gambar yang sebelah kanan, pemberitahuan lolos seleksi gelombang pertama dan berhak mendapatkan nomor kartu prakerja tinggal mengikuti pelatihan dan mendapatkan uang insentif.

Tutorial daftar Kartu Prakerja bisa anda tonton videonya melalui channel YouTube dengan membuka tautan ini https://youtu.be/qlf_ahZkIK0

Berlangganan artikel Gratis:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel