Info Terkini COVID-19 Wilayah Jawa Barat Bisa Diakses Melalui Aplikasi PIKOBAR

COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan Novel Coronavirus 2019, Meski gejalanya mirip dengan flu biasa namun COVID-19 sampai saat ini memiliki fatalitas lebih tinggi.

Yang disebut dengan virus CORONA ini penyebarannya sangat cepat karena bisa pindah dari orang ke orang lainnya bahkan sebelum orang tersebut tidak menunjukan gejala.

Setelah merilis portal situs web pikobar.jabarprov.go.id, gubernur jawa barat Ridwan kamil beserta jajaran Pemprov Jabar kini telah meluncurkan Aplikasi PIKOBAR yang bisa diinstall melalui PlayStore untuk pengguna android.

Fitur aplikasi pikobar
Fitur aplikasi pikobar

PIKOBAR (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat) aplikasi berbasis mobile ini sengaja di kembangkan pemprov jabar bekerja sama dengan beberapa mitra komunitas jabar Digital Service.

Dan diharapkan bagi komunitas IT lainnya untuk turut berkontribusi dalam pengembangan aplikasi tersebut karena aplikasi pikobar itu sendiri sipatnya Open Source agar bisa hadir juga di provinsi lainnya.

Fitur dari PIKOBAR warga jabar bisa mengakses data, melihat peta sebaran, mengakses nomor darurat (kontak WA dinkes Jabar), atau periksa gejala secara mandiri. Atau melaporkan kasus yang diyakini terpapar corona terjadi di sekitaran anda (dalam tahap pengembangan.)

Selain dengan mendownload aplikasi pikobar sebesar 13MB di PlayStore, bisa juga mendownload aplikasi melalui halaman web pikobar. Untuk cara kedua ini tidak ada proses download dan install melainkan hanya menambahkan pintasan saja.

Install aplikasi web pikobar
Aplikasi web

Caranya silahkan buka situs web pikobar.jabarprov.go.id menggunakan handphone (chrome) kemudian klik tiga titik di pojok kanan atas lalu klik > Tambahkan Ke Layar Utama,  maka  pintasan aplikasi sudah terpasang di halaman utama handphone anda.

Selanjutnya buka aplikasi web pikobar melalui tombol pintasan untuk memperoleh informasi terkini COVID-19.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel