Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bayar Kredit Pintar Yang Tidak Memberatkan Peminjam

Tanggal jatuh tempo pengembalian pinjaman kredit pintar untuk kategori cicilan 3 bulan disesuaikan dengan tanggal peminjaman, misal pinjam tanggal 20 februari maka waktu pembayaran cicilan ke 1 paling lambat tanggal 20 maret. tanggal yang sama berlaku untuk cicilan ke 2 dan ke 3 di bulan berikutnya.

Walaupun waktunya bayar cicilan masih 29 hari kedepan dari hari peminjaman, namun jumlah tagihan sudah ada di menu tagihan aplikasi kredit pintar yaitu setelah uang pinjaman anda terima. Sehingga peminjam bisa melakukan pembayaran lebih awal.

Peminjam bisa membayar cicilan lebih awal untuk tagihan bulan ke 1 ke 2 atau membayar keseluruhan untuk semua tagihan. Misal jatuh tempo tanggal 20 maret bisa bayar lebih awal tanggal 1 - 20 Maret.

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, Pengguna Baru Kredit Pintar tidak bisa bebas memilih jumlah pinjaman dan tenor, karena sudah ditentukan oleh kredit pintar yaitu sebesar Rp.2300.000,- jangka waktu pengembalian selama 3 bulan.
Misal angsuran perbulannya sebesar Rp.881.700, Apabila peminjam merasa berat untuk membayar sebesar Rp.881.700 (sekali bayar) maka peminjam bisa mencicil beberapa kali untuk jumlah tersebut sebelum jatuh tempu yang ditentukan. contohnya dicicil 2 kali bayar.

Untuk langkah- langkahnya silahkan ikuti dibawah ini. Login di aplikasi kredit pintar lalu buka menu > Tagihan.

bayar tagihan cicilan pertama

Di halaman tagihan, silahkan klik > Bayar.
Kemudian pada halaman metode pembayaran, silahkan pilih salah satu dari 4 akun Bank yang tersedia yaitu BCA, BNI, BRI dan MANDIRI, semuanya menggunakan Virtual account.

Contoh tagihan bulan ini seperti contoh gambar diatas
  • Jatuh tempo 20 maret
  • Jumlah Tagihan Rp.881.700,-
Contoh memilih BCA, kemudian Copy kode virtual BCA seperti yang tertera pada contoh gambar diatas ini.

bukti transfer

Langkah selanjutnya lakukan transfer pembayaran ke nomor virtual bank yang anda pilih. Apabila akan membayar seluruh tagihan bulan ini, silahkan masukkan sesuai jumlah tagihan. Namun apabila akan dicicil, maka masukkan nominal sesuai keinginan anda.

Contoh : pada bukti pembayaran diatas ini, saya telah membayar sebesar Rp.244.345.00,- untuk total tagihan bulan maret sebesar Rp.881.700 maka sisanya yang belum dibayar sebesar Rp.637.355
Selanjutnya untuk melunasi sisanya sebesar Rp.637.355 bisa di cicil atau di lunasi seluruhnya, Caranya seperti langkah pertama.

Untuk mengetahui sisa tagihan bulan ini silahkan klik > Bayar seperti langkah diatas, kemudian mengambil kode virtual bank yang di pilih.

bayar tagihan cicilan kedua

Contoh sisa tagihan yang belum dibayar seperti gambar diatas ini.
  • Jatuh tempo 20 maret
  • Jumlah Tagihan Rp.637.355
Selanjutnya lakukan pembayaran dengan memasukkan nominal sesuai dengan jumlah sisa tagihan. Dengan demikian tagihan kredit pintar untuk tagihan di bulan maret ini telah terlunasi dalam 2 kali pembayaran.