Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Berburu Produk Diskon di Perayaan Harbolnas 12.12

Hari Belanja Online Nasional atau yang disingkat Harbolnas, pertama kali diadakan di tahun 2012 dan kemudian rutin di selenggarakan setiap tahunnya hingga sekarang. Dimulai dari tanggal 10 bulan 10 kemudian 11.11 hingga puncaknya di tanggal 12 Desember.

Sebutan hari belanja online nasional itu sendiri di cetuskan ditahun 2013 yang bertujuan untuk menaikkan transaksi penjualan dari setiap situs e-commerce.

Selain bertujuan untuk memberikan peluang besar kepada semua pembeli agar mendapatkan produk keinginannya dengan harga lebih murah dari hari biasanya.

Penyuka belanja online tentunya bersiap-siap berburu produk Diskon terbesar sepanjang tahun di puncak perayaan Harbolnas 12.12 yang akan datang. Selama 24 jam situs e-commerce menawarkan bermacam-macam penawaran spesial untuk memanjakan penggunanya.

Hampir semua produk di diskon, seperti elektronik peralatan rumah tangga, gadget dan yang lainnya. mulai dari penjual lokal hingga penjual yang berlokasi diluar negeri menggelar pesta diskon.

Gratis ongkir dengan minimal belanja Rp0, diskon Brand official, Diskon 90%, hingga produk seharga Rp.12 di gelar di Harbolnas

Tips Belanja Hemat di Perayaan Harbolnas

Tipsnya adalah memperoleh barang yang diinginkan dengan potongan harga yang beneran bukannya diskon palsu, tapi juga tidak mengesampingkan keaslian dari produk incaran tersebut.
Seperti yang dikatakan oleh Ignatius Untung selaku Ketua Umum Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), " Untuk menghindari diskon fiktif pembeli harus jeli dan sudah mengetahui harga produk di pasaran sebelum tiba waktunya pesta diskon atau yang disebut dengan pembeli terencana. "

Selanjutnya tidak ada salahnya membandingkan harga di berbagai platform belanja online. Kemudian ketika saat Harbolnas, dilihat harganya berapa?

Apakah penjual melambungkan harganya terlebih dahulu kemudian di diskon? Apabila setelah ada potongan harga merupakan harga normal dipasaran maka itulah yang disebut diskon fiktif.

Melaui artikel ini saya akan membagikan Tips Belanja Hemat di Perayaan Harbolnas, yang mudah-mudahan berguna untuk pembaca. Tips ini berhasil saya terapkan ketika di Harbolnas 11.11 kemarin.

Saya berhasil memperoleh 2 produk, Harga dari produk barang yang saya dapatkan memang bukanlah kategori produk dengan harga sangat mahal melainkan kualitasnya yang original. Dan cara mendapatkannya mungkin bisa juga di praktekan pada produk incaran anda.

Yang saya lakukan adalah fokus di salah satu situs e-commerce untuk mencari produk yang diidamkan. Pada contoh kali ini saya memilih lazada untuk perburuan produk.

Namun anda bebas memilih situs belanja online mana saja yang mau anda pilih tidak harus di lazada, karena di perayaan Harbolnas semua e-commerce serentak menggelar pesta diskon. Seperti berburu Diskon di Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Blibli termasuk di platform cicilan tanpa kartu kredit seperti Akulaku.

Selanjutnya mengumpulkan voucher sebanyak - banyaknya di situs  anda, daring pilihan seperti voucher gratis ongkir, voucher potongan harga untuk semua produk, voucher merchant, promo metode pembayaran atau voucher lainnya.

Voucher bisa diperoleh di halaman voucher atau melalui kategori produk ataupun melalui lapak di situs e-commerce. Tapi sebaiknya ambillah voucher yang terkait dengan produk incarannya saja agar tidak kehabisan atau untuk menghindari limit pengumpulan voucher.

Perhatikan masa berlaku voucher, seperti waktu dan tanggal penggunaannya. Dari pengalaman Harbolnas 11.11 diskon terbesar dimulai jam 00.00 - 02.00 (selama 2 jam) untuk kategori produk tertentu saja.

Coba lihat produk incaran anda karena ada kemungkinan diskonnya hanya berlaku diantara 2 jam tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan di atas untuk menghindari diskon fiktif, sebelum tanggal 11 saya sudah mencari beberapa produk lalu ketika sudah menemukan kemudian saya masukan ke TROLI.

Produk Import Harga Lokal


Belanja produk diskon di Harbolnas

Gambar diatas ini merupakan contoh sebuah dompet yang berhasil saya dapatkan di harbolnas 11.11 dengan hanya membayar sebesar Rp.50.000. Dompet tersebut merupakan produk import yang dikirim langsung dari tiongkok dengan rincian diskon dibawah ini.

  • Harga dompet yang tertera pada gambar adalah harga diskon di harbolnas 11.11, karena harga normal dompet tersebut di hari-hari biasanya berada dikisaran seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
    harga normal sebelum Harbolnas
  • Menggunakan voucher potongan ongkos kirim sebesar Rp.18.000, voucher tersebut berhasil saya kumpulkan sebelumnya.
  • Voucher Pembayaran, kebetulan pada perayaan harbolnas 11.11 tahun 2019 di lazada sedang ada promo potongan harga sebesar Rp.25.000 apabila memilih metode pembayaran menggunakan DANA

Sehingga untuk mendapatkan dompet import tersebut saya hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.50.000, Lumayan Hemat bukan?

Produk Brand terkenal Harga Terjangkau

Produk kedua yang berhasil saya dapatkan adalah sebuah In-Ear Headphone brand terkenal dengan harga relatif murah yang dibeli di lazada namun menggunakan Akun Lazada yang berbeda dengan pembelian dompet diatas.

Produk Diskon Harbolnas lazada

Lihat gambar diatas ini sebuah headset yang berhasil saya peroleh hanya seharga Rp.10.000, Padahal di hari- hari biasanya dibandrol dengan harga sekitar seratus ribuan.

Produk Headphone dengan Mic tersebut original saat ini sudah saya terima dan juga sudah di cek keaslianya merupakan produk asli yang dikeluarkan oleh IMS selaku distributor resmi untuk merk headset tersebut di Indonesia.

Diskon pendaftaran akun Lazada melalui aplikasi DANA

Potongan harga sehingga menjadi sangat murah seperti yang terlihat pada gambar diatas ini rinciannya adalah sebagai berikut:

Subtotal pada harga Headphone JBL di hari itu (Harbolnas) sudah di diskon dan untuk ongkos kirimnya gratis karena menggunakan voucher.

Kemudian untuk akun lazada yang digunakan merupakan akun baru yang dibuat/mendaftar melaui Aplikasi DANA

Karena di saat yang bersamaan DANA (dompet digital indonesia) sedang promo berupa mendapatkan voucher pembayaran untuk dibelanjakan di lazada, apabila mendaftar melaui akun DANA.

UPDATE
Untuk mengetahui diskon fiktif, produk beserta harganya sebaiknya di simpan via tangkapan layar handphone (screenshot) tidak cukup hanya disimpan di keranjang belanja karena perubahan harga yang sesungguhnya tidak akan diketahui.