Skip to main content
BLOGAZKA

follow us

8 Cara Menghilangkan Tinta Pulpen di Baju dengan Mudah

Noda di baju adalah masalah yang kerap dijumpai pada pakaian anak-anak. Hal ini wajar mengingat anak-anak belum bisa menjaga kebersihan pakaiannya dengan baik layaknya orang dewasa. Namun, itu bukan berarti kita tidak pernah membuat pakaian kita terkena noda saat sudah dewasa.

Sebaliknya, kita mungkin sering mendapati pakaian kita terkena noda usai mengikuti kegiatan perkuliahan di kampus atau setelah seharian bekerja di kantor. Biasanya sih, noda yang paling umum ditemui adalah noda tinta pulpen di baju atau kemeja.

Apabila kamu menemui ada coretan tinta pulpen di baju atau kemeja kesayangan kamu, kamu tidak perlu khawatir. Sebab menghilangkan noda tinta pulpen di baju bukanlah perkara yang sulit, asal tahu bagaimana caranya. Berikut 8 cara menghilangkan tinta pulpen di baju yang bisa kamu coba.

1. Alkohol

Jika kamu mencari cara cepat menghilangkan tinta pulpen di baju putih, alkohol barangkali adalah solusi yang tepat. Yap, selain bermanfaat untuk mensterilisasi peralatan medis, alkohol juga bisa kamu pakai untuk menghilangkan noda tinta di baju.

Caranya, tuang beberapa tetes alkohol ke area baju kamu yang terkena tinta pulpen, diamkan selama 1-2 menit, lalu lanjutkan dengan mencuci baju kamu seperti biasa menggunakan deterjen.

2. Cuka

Selain sebagai pelengkap masakan, cuka juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda tinta di pakaian, terutama di baju/kemeja putih. Berikut caranya:

  1. Tuang satu sendok makan cuka ke area baju kamu yang terkena noda tinta, lalu diamkan selama 5-10 menit.
  2. Setelah itu, tuang 1-2 tetes sabun cuci piring ke bagian noda tinta tersebut, kemudian gosok dengan lembut menggunakan sikat gigi/pakaian atau dikucek saja dengan tangan.
  3. Ulangi sampai noda tinda di baju hilang. Jika sudah, kamu bisa mencuci bajunya kembali seperti biasa. Sebaiknya gunakan deterjen cair.

3. Gunakan Aseton

Selanjutnya, kamu juga bisa menghilangkan tinta pulpen di baju dengan aseton. Aseton merupakan salah satu cairan yang sering digunakan sebagai pelarut dan pembersih, khususnya dalam industri kecantikan. Adapun salah satu contoh dari aseton yang pasti kamu tahu adalah cairan pembersih kutek.

Nah, selain bermanfaat untuk membersihkan kutek di kuku, kamu juga bisa menggunakan cairan aseton ini untuk menghilangkan noda tinta di baju. Caranya pun terbilang mudah, yaitu:

  1. Siapkan cairan aseton, kapas, cotton bud, atau kain bersih
  2. Tuang beberapa tetes cairan aseton ke atas kapas, atau cotton bud, atau kain bersih
  3. Setelah itu, usapkan kapas tadi ke area di baju kamu yang terkena noda tinta, tekan dan gosok dengan lembut sampai noda tintanya terserap
  4. Setelah itu, rendam baju kamu dengan menggunakan air hangat dan deterjen bubuk/cair selama 30 menit, lalu cuci dan bilas seperti biasa
  5. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan aseton dalam bentuk gel ketimbang cairan.

Jika noda tinta yang terdapat di baju kamu sudah cukup lama, alias sudah mengering, kamu bisa menggunakan cara ini untuk menghilangkannya:

  1. Tuangkan 1-2 tetes cairan aseton secara langsung di area baju kamu yang terkena noda, lalu usap dengan lembut menggunakan kapas atau kain bersih
  2. Diamkan selama beberapa menit, sambil kamu menyiapkan loyang berisi air dingin yang dicampur dengan sedikit garam dapur
  3. Setelah itu, rendam baju kamu ke dalam loyang berisi larutan garam tadi dan diamkan selama 10 menit
  4. Ulangi cara ini sampai noda tinta di baju kamu sepenuhnya hilang. Jika sudah, silakan cuci baju kamu seperti biasa.

4. Menggunakan Odol atau Pasta Gigi

Tinta pulpen di baju juga bisa dihilangkan menggunakan odol atau pasta gigi. Caranya, ambil odol secukupnya menggunakan ujung jari telunjuk kamu. Setelah itu, oleskan ke bagian baju kamu yang terkena coretan pulpen, lalu gosok secara perlahan dan lembut sampai nodanya menghilang. Bilas dengan air bersih.

Untuk hasil yang maksimal, disarankan untuk langsung mencuci baju tersebut secara manual atau dengan menggunakan mesin cuci.

5. Tiner

Sama seperti cairan aseton, tiner juga tergolong efektif dalam menghilangkan noda tinta di baju. Caranya, tuang beberapa tetes cairan tiner ke atas kapas atau cotton bud. Setelah itu, usapkan kapas/cotton bud tersebut ke area baju kamu yang terkena noda tinta, lalu gosok dengan lembut sampai tintanya menghilang.

Untuk hasil yang maksimal, segera rendam baju kamu di air hangat menggunakan deterjen, kemudian cuci seperti biasa secara manual atau dengan mesin cuci.

6. Hairspray

Cara yang paling mudah untuk menghilangkan noda tinda di baju adalah dengan menggunakan hairspray. Caranya, cukup semprotkan hairspray beberapa kali ke area baju kamu yang terkena noda, kemudian usap dengan kapas atau kain bersih secara lembut dan berulang sampai noda tintanya memudar. Setelah itu, cuci dan bilas baju kamu seperti biasa.

Apabila noda tintanya sudah terlanjur mengering di baju, lakukan cara ini untuk menghilangkannya:

  1. Semprotkan hairspray ke area baju yang terkena noda tinta
  2. Ambil kapas atau kain bersih, kemudian usap bagian baju yang sudah terdapat cairan hairspray tadi dengan lembut
  3. Diamkan selama beberapa saat, sambil kamu menyiapkan loyang berisi air dingin yang dicampur dengan sedikit garam dapur
  4. Rendam baju kamu di larutan garam tersebut selama kurang lebih 10 menit
  5. Kemudian usap / kucek pada bagian yang terkena noda tinta. Lakukan hingga noda tinta benar-benar menghilang dari baju
  6. Kucek dengan tangan atau gosok baju kamu secara lembut dan berulang menggunakan sikat pakaian, khususnya pada area yang terkena noda tinta sampai nodanya benar-benar menghilang
  7. Jika sudah, lanjutkan dengan mencuci baju kamu seperti biasa.

7. Susu

Siapa bilang susu hanya berguna untuk membantu menambah tinggi badan saja? Buktinya, susu juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda tinta di baju lho. Kandungan zat laktosa pada susu dipercaya dapat memudarkan noda tinta tanpa merusak baju.

Caranya, siram susu secukupnya kemudian tuang ke dalam sebuah wadah sedang, seperti ember. Setelah itu, masukkan baju kamu khususnya bagian yang terdapat noda tinta ke dalam wadah yang berisi air susu tadi, lalu rendam selama kurang lebih 5 menit.

Silakan kucek atau gosok baju kamu menggunakan sikat pakaian dengan lembut sampai noda tintanya luruh.

8. Menggunakan deterjen khusus penghilang noda pada pakaian

Bagi sebagian orang, beberapa cara yang sudah Shopback sebutkan di atas mungkin masih dianggap sebagai cara yang ribet. Namun, untunglah, sekarang ini telah banyak perusahaan yang memproduksi produk-produk khusus penghilang noda di pakaian yang bisa kamu gunakan, misalnya vanish.

Vanish adalah cairan penghilang noda di pakaian yang juga efektif untuk menghilangkan noda tinta di baju kesayangan kamu tanpa merusak serat kainnya.

Caranya cukup siapkan satu sachet atau tub vanish oxi action bubuk (bisa kamu beli di berbagai toko online di Indonesia lewat aplikasi Shopback agar lebih hemat), lalu campurkan ½ sendok vanish oxi action bubuk tadi ke dalam 4L air dengan suhu 40ÂșC.

Setelah itu, rendam baju kamu ke dalam larutan vanish tadi selama kurang lebih satu jam. Silakan kucek atau gosok area baju kamu yang terdapat noda tinta secara lembut dan perlahan bila perlu.

Kemudian, masukkan pakaian kamu ke dalam mesin cuci, dan tambahkan satu sendok vanish untuk mendapatkan hasil cucian yang lebih maksimal.

Jadi, bagaimana guys? Termasuk mudah bukan menghilangkan noda tinta pulpen di baju? So, lain kali baju kesayangan kamu terkena noda tinta, kamu tidak perlu khawatir lagi. Sebab kamu sudah tahu beberapa cara menghilangkannya, sehingga tinggal perlu action aja.

Ingat, jangan biarkan tinta pulpen menghalangi kamu untuk menggunakan baju favorit kamu selama ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar