Skip to main content
BLOGAZKA

follow us

Mempercepat Loading Situs Dengan CDN CloudFlare

Mempercepat Loading Situs Dengan CDN CloudFlare - Dalam rangka meningkatkan performa situs web / blog seperti untuk mengatasi kecepatan loading, yang banyak dilakukan oleh pengelola situs diantaranya dengan menggunakan layanan Content Delivery Network atau CDN.

Salah satu penyedia layanan CDN yang menawarkan paket berbayar dan ada juga paket gratisnya adalah sebuah perusahaan penyedia layanan keamanan internet yang berasal dari Amerika yaitu CloudFlare.

Fungsi CDN jika di terapkan pada situs adalah, ketika seseorang mengakses sebuah halaman situs ketika itu pula server akan merespons dengan mengirimkan berkas yang di minta. Seberapa cepat pemuatan berkas / konten yang di minta oleh klien salah satunya di pengaruhi oleh jarak antara klien (Pengakses) dengan lokasi server situs yang dituju.

Semakin dekat lokasi pengakses dengan server situs maka akan semakin cepat pula pengunduhan konten. Tapi akan terjadi pemuatan konten yang lama apabila terjadi sebaliknya, yaitu lokasi klien dengan server dari situs berjauhan.

Seperti contoh lokasi pengakses dari indonesia dan situs yang buka juga lokasinya di indonesia tapi karena situs nya dihosting di server yang berlokasi di amerika. Maka ketika mengunduh berkas untuk pemuatan halaman situs akan memerlukan jeda waktu yang lama.

Nah, dengan menggunakan layanan CDN dari cloudflare di klaim dapat meminimalisir permasalahan tersebut karena server dari cloudflare berada di berbagai titik lokasi di dunia. Sehingga server terdekat cloudflare akan melayani berdasarkan lokasi dari pengakses.

Di tahun 2018 lalu saya sempat mengunakan cloudflare tapi sengaja saya hentikan karena pengunjung situs kebanyakan dari indonesia sedangkan Cloud server cloudflare yang paling dekat berada di singapura.

Kemudian ketika beberapa hari lalu saya Login untuk kembali memanfaatkan layanan cloudflare ternyata akun saya masih aktif.

Alasan saya kembali menggunakan layanannya, karena cloudflare menerapkan beberapa teknik sekaligus guna meningkatkan performa situs. Serta dalam hal keamanan situs bisa untuk mencegah terjadinnya DDOS yang menurut banyak pengembang sangat mumpuni.

Apakah Anda tertarik menggunakan layanan CDN dari CloudFlare silahkan ikuti 5 langkah dibawah ini.

1. Membuat Akun CloudFlare

Buka situs CloudFlare, jika sudah mempunyai akun CloudFlare silahkan masukkan Email dan Password untuk Login kemudian klik > + Add Site untuk menambahkan situs. Pengguna bisa menambahkan beberapa situs dalam satu akun.

Tapi jika belum mendaftar silahkan klik > Signup

Pada halaman Get started with Cloudflare masukkan alamat email dan buat sebuah password lalu klik Create Account. Halaman selanjutnya menambahkan situs anda.

2. Menambahkan Website

Untuk pengguna baru masukkan URL situs Anda harus domain TLD (contoh: namasitus.com) lalu klik > Add site.

3. Memilih Paket

Halaman berikutnya memilih paket, pilihannya paket Free, Pro, Bussiness, dan Enterprise dengan nominal harga perbulan seperti yang tertera pada gambar di bawah ini. Untuk paket berbayar melalui kartu kredit dan Paypal.

Diantaranya terdapat paket gratis (Free Plan) yang bisa anda pilih, Kemudian klik > Confirm plan

4. Update Name Servers

Kemudian cloudflare akan menscan / mendeteksi name server situs anda seperti gambar dibawah ini. lalu klik > Continue

Hlaman selanjutnya merupakan hasil scanning nameservers yang selama ini digunakan domain anda. Lalu di bagian bawah halaman anda akan mendapatkan name server cloudflare yang akan di gunakan untuk mengganti nama server situs anda.

Langkah selanjutnya Copy name servers yang di berikan cloudflare seperti 2 nameservers pada gambar di atas ini. Selanjutnya login ke akun penyedia domain (registrar) anda untuk mengganti name server default di ganti dengan name servers yang di peroleh dari cloudflare.

Untuk penyedia domain Niagahoster dengan mengganti nameservers seperti yang dibawah ini.

logi639105.mars.orderbox-dns.com
logi639105.earth.orderbox-dns.com
logi639105.venus.orderbox-dns.com
logi639105.mercury.orderbox-dns.com

Untuk penyedia domain QWORDS dengan mengganti nama server seperti yang dibawah ini.

dns1.qwords.id
dns2.qwords.id
dnsiix1.qwords.net
dnsiix2.qwords.net

5. Status Aktif

Selanjutnya kembali ke halaman cloudflare lalu klik > continue, Proses propagasi yaitu pengalihan tunggu 1x 24 jam pemberitahuan melalui email. Tapi biasanya tidak menunggu waktu lama hanya beberapa menit. Kemudin situs berhasil menggunakan layanan CDN dari cloudflare jika notifikasi Great news! Cloudflare is now protecting your site.

dengan mengarahkan DNS Domain ke DNS Server milik cloudflare maka pengakses akan di arahkan ke cloudflare terlebih dahulu untuk di proteksi sehingga website akan lebih aman dari trafik spam dan serangan hacker.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar