Skip to main content
BLOGAZKA.COM

follow us

Cara Custom Blogspot Domain Niagahoster

Kelebihan mempunyai akun google antara lain untuk membuat blog secara gratis di blogger.com, namun hanya akan memperoleh nama subdomain blogspot seperti contoh nama-anda.blogspot.com.

Blogger.com selain menyediakan tempat pembuatan blog dan hosting gratis dengan domain bawaannya, Juga mempersilahkan penggunanya untuk mengganti subdomain bawaan menjadi nama Domain pribadi yang disebut dengan Custom Domain.

Dan yang terpenting untuk custom domain di blogger.com yang anda butuhkan hanyalah menyewa sebuah Domain tanpa harus menyewa hosting, karena untuk hostingnya masih tetap menggunakan blogger.com.

Persiapan Untuk Custom Domain Blogspot

  1. Sudah mempunyai domain sendiri (domain TLD).
  2. Sudah mempunyai blog di blogger.com.

Custom Domain adalah pengalihan dari subdomain blogspot.com menjadi nama domain pilihan anda sendiri. Yang awalnya nama-anda.blogspot.com akan menjadi nama-anda.com tentunya dengan beberapa langkah mudah yang harus anda lakukan, seperti uraiannya dibawah ini.

Dengan melakukan Custom Domain, selain nama blog terlihat keren dan profesional. Nama blog dengan menggunakan domain pribadi / domain TLD juga akan lebih mudah di terima oleh situs periklanan untuk menjadi Publisher seperti Google AdSense.

Top Level Domain (TLD) adalah sebutan untuk nama domain internasional yang berakhiran DOT COM seperti blogazka.com ini. Nama Domain TLD bisa anda buat sendiri dengan menyewa biaya pertahun di situs penyedia hosting dan domain (registrar).

Langkah Untuk Mengganti Domain Blogspot Dengan Domain Niagahoster

Seperti untuk tutorial ini akan mengganti domain blogspot menjadi domain sendiri yang di beli dari niagahoster. Dan untuk cara membeli / menyewa domain di niagahoster silahkan anda baca tutorialnya pada artikel Cara Beli domain di Niagahoster

Kelebihan mengganti domain blogspot menggunakan domain dari Niagahoster yaitu adanya tombol khusus Custom Blogspot di panel.niagahoster.co.id. Sehingga memudahkan pengguna untuk bebas mengelola domainnya sendiri.

Di blogger.com

Langkah pertama Login di blogger.com Untuk mengambil CNAME. jika mempunyai beberapa blog subdomain blogspot silahkan pilih salah satu blog yang akan di ganti dengan domain pribadi dari niagahoster.

Kemudian pada blog yang akan di lakukan pengalihan, masuk ke > Setelan > Publikasi lalu klik > + Siapkan URL pihak ketiga untuk blog anda. Seperti gambar screenshot di bawah ini.

Kemudian Masukan nama domain pribadi yang telah anda buat di niagahoster pada kolom yang di sediakan, diawali dengan www di susul dengan nama domain (contoh : www.namaanda.com) selanjutnya klik > SIMPAN. Seperti gambar screenshot dibawah ini.

Kemudian akan muncul halaman seperti gambar screenshot dibawah ini. Jika ada notifikasi error " Kami tidak dapat memverfikasi kewenangan  Anda terhadap domain ini "..

Seperti yang terlihat pada gambar dengan tulisan berwarna merah, Abaikan saja peringatan tersebut.

Langkah yang harus anda lakukan adalah, perhatikan kode CNAME seperti pada gambar screenshot diatas ini yang ditandai nomor 1 dan nomor 2. Silahkan anda COPY kedua CNAME dan simpan di notepad atau pada aplikasi text editor sejenis lainnya.

Untuk CNAME pertama yang berada tepat dibawah www sedangkan CNAME kedua tepat dibawah ghs.google.com.

CONTOH 2 CNAME

azvetoy3iktq
gv-cxqn5t5pjegiye.dv.googlehosted.com

Selanjutnya tinggalkan sementara halaman blogger.com seperti gambar diatas ini.

Langkah berikutnya silahkan anda buka TAB baru di browser untuk Login ke akun niagahoster anda di Panel Niagahoster.

Panel Niagahoster

Langkah kedua Login ke panel.niagahoster.co.id, Dan pastikan nama domain yang anda beli sudah Aktif dengan notifikasi Active.

Kemudian masuk ke Layanan Anda tepatnya pada tab DOMAIN lalu klik > KELOLA untuk masuk ke pengaturan domain. Seperti gambar screenshot dibawah ini.

Untuk melakukan custom blogspot domain dari Niagahoster Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengupdate Name Servers.

logi639105.mars.orderbox-dns.com
logi639105.earth.orderbox-dns.com
logi639105.venus.orderbox-dns.com
logi639105.mercury.orderbox-dns.com

Caranya di pengaturan domain, buka menu Name Server lalu masukkan empat DNS yang diatas ini pada kolom yang di sediakan lalu kemudian klik > Update.
Seperti gambar screenshot di bawah ini.

* KETERANGAN
Untuk mengetahui Name Server Niagahoster bisa anda lihat di menu DNS Management.

Langkah selanjutnya silahkan klik menu > DNS MANAGEMENT Lalu klik > Custom Blogspot.

Seperti gambar screenshot di bawah ini.

Kemudian akan muncul kotak box CUSTOM DOMAIN FOR NAMADOMAIN ANDA. ini merupakan halaman untuk memasukkan dua CNAME dari blogspot. Seperti gambar screenshot dibawah ini.

Sekarang buka notepad untuk mengambil dua CNAME yang sebelumnya telah anda simpan. Atau kembali ke TAB browser sebelumnya yaitu halaman blogger.com untuk mengcopy langsung 2 CNAME dari halaman tersebut.

  • Kolom di bawah Domain diisi dengan CNAME pertama, Yaitu yang di tandai nomor 1 pada halaman blogspot.
  • Kolom di bawah Value diisi dengan CNAME kedua, Yaitu yang di tandai nomor 2 pada halaman blogspot. Seperti pada gambar screenshot diatas ini.

Kemudian klik > Save Changes

Apabila pengalihan berhasil dengan notifikasi "Sukses". Kemudian akan terlihat 2 CNAME dan 4 A Record blogspot di menu DNS MANAGEMENT.

A Record

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Tahapan memasukkan 2 kode CNAME blogspot di niagahoster telah selesai. Selanjutnya kembali ke langkah pertama yaitu membuka halaman blpgspot (blogger.com)

Silahkan centang pada alihkan namadomain.com ke www.namadomain.com kemudian klik > SIMPAN. Seperti gambar screenshot di bawah ini.

Apabila terdapat error ketika klik SIMPAN, maka abaikan saja karena masih proses propagasi hingga record DNS sebelumnya di kenali oleh blogspot. Dan silahkan refresh halaman blogspot lalu klik save kembali hingga berhasil.

Dan jangan khawatir jika setelah Proses pengalihan dari subdomain blogspot ke domain pribadi blog anda menjadi tidak bisa diakses. Karena mungkin masih proses propagasi (proses propagasi maksimal 1X24 jam)

Silahkan coba akses blog anda beberapa menit kemudian. Selanjutnya jangan lupa untuk Mengaktifkan HTTPS domain pribadi anda.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar