Skip to main content
BlogAzka.com

follow us

Cek peserta JKN-KIS terbaru 2019

Cek peserta KIS 2019 - Sebelumnya di tahun 2017 saya sudah memposting Cara cek kepesertaan JKN-KIS melalui Aplikasi JKN-KIS Mobile.

Namun seiring dengan pembaruan terbaru pada aplikasi yang di keluarkan oleh BPJS Kesehatan dan kebijakannya terdapat beberapa perubahan, yang sebelumnya diberi nama JKN-KIS mobile namun saat ini berubah menjadi Mobile JKN.

Perubahan perihal Pendaftaran pengguna mobile bagi peserta BPJS Kesehatan mencakup pengiriman kode verifikasi, jika sebelumnya di kirimkan ke nomor ponsel namun untuk cara terkini cek kepesertaan JKN-KIS 2019 kode verifikasinya di kirimkan ke alamat email.

Sehingga jika menggunakan cara terdahulu untuk cek peserta JKN-KIS tidaklah relevan jika di terapkan saat ini karena adanya perubahan seperti yang di sebutkan di atas.

Untuk itu di artikel kali ini merupakan cara terkini untuk bisa mengakses informasi peserta JKN-KIS melalui aplikasi Mobile JKN.

Terkait peserta yang dapat mengakses informasi JKN-KIS hanya bagi peserta bukan penerima upah (PBPU) atau peserta perorangan yang mendaftar secara mandiri dan bagi peserta JKN-KIS yang di daftarkan oleh perusahaan.

Sedangkan peserta penerima bantuan iuran atau yang mendapatkan kartu JKN-KIS gratis dari pemerintah tidak bisa di lihat informasi kepesertaannya melalui aplikasi Mobile JKN.

Persiapkan data berikut sebelum pendaftaran pengguna :

  1. Nomor peserta JKN-KIS
  2. NIK E-KTP kepala keluarga
  3. Tanggal Lahir format 01-01-1980
  4. Nama ibu kandung
  5. Password (membuat kata sandi)
  6. Nomor hp
  7. Alamat Email

Tahapan pendaftaran pengguna mobile peserta JKN-KIS

Aplikasi mobile JKN sudah tersedia untuk pengguna Android dan IOS, silahkan unduh aplikasi mobile JKN bagi pengguna Android link unduhan ada pada artikel Jadi peserta baru JKN-KIS bisa daftar via HP.

Setelah aplikasi Mobile JKN terinstall, kemudian buka lalu Tap PENDAFTARAN PENGGUNA MOBILE.

Silahkan isi formulir pendaftaran peserta JKN-KIS dengan data yang sesuai, seperti gambar screenshot di atas ini.

  • No kartu BPJS, masukkan nomor peserta JKN-KIS kepala keluarga contoh penulisan = 000251978xxxx
  • No KTP /NIK, masukkan NIK kepala keluarga
  • Tanggal Lahir, masukkan tanggal lahir kepala keluarga melalui Tombol dropdown tinggal pilih tanggal/bulan/tahun
  • Ibu Kandung, masukkan nama ibu kandung kepala keluarga
  • Pasword, masukkan pasword /kata sandi yang anda buat sendiri format bebas
  • Konfirmasi Pasword, masukkan pasword seperti yang diatas
  • No Hp, masukan nomor hp aktif
  • Email *, masukkan alamat email, pastikan alamat email yang di masukkan benar untuk menerima kode verifikasi dari BPJS Kesehatan.
Lalu klik SIMPAN.

* Untuk mengambil kode verifikasi yang masuk ke alamat email tekan tombol Home yang di tengah jangan tekan tombol kembali di handphone agar tidak keluar dari proses registrasi

Copy kode verifikasi yang di kirimkan oleh BPJS Kesehatan, lalu kembali ke aplikasi mobile JKN kemudian Paste/masukkan 5 digit kode verifikasi pada baris no verifikasi lalu Tap VERIFIKASI.

Selanjutnya Tap REGISTER, lihat notifikasi yang muncul jika berhasil seperti gambar screenshot di bawah ini.

Setelah berhasil meregistrasi nomor peserta JKN-KIS maka bisa langsung di gunakan untuk login di aplikasi Mobile JKN untuk mengakses informasi kepesertaan JKN-KIS anda dan keluarga.

Seperti mengakses fitur peserta, tagihan, pelayanan ataupun ubah data peserta seperti ganti faskes 1 bisa di lakukan melalui aplikasi Mobile JKN.

Login dengan memasukan nomor kartu BPJS di baris pertama lalu masukan pasword seperti yang anda buat di atas pada baris kedua lalu masukkan Kode Captcha sesuai yang tertera di layar lalu kemudian Tap login.

Tutorial cara cek peserta JKN-KIS terbaru bisa anda tonton melalui kanal youtube dengan menuju tautan berikut https://youtu.be/61m6N_NYz8E

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar