Skip to main content
BlogAzka.com

follow us

Jadi peserta baru JKN-KIS kini bisa daftar lewat Hp

Mendaftarkan diri beserta seluruh anggota keluarga untuk menjadi peserta JKN-KIS (BPJS kesehatan) selain dengan mendaftar dikantor cabang BPJS Kesehatan di wilayah domisili masing-masing, sebenarnya ada cara mudah untuk mendaftar menjadi peserta BPJS kesehatan yaitu bisa di lakukan di rumah hanya dengan gadget handphone yang terkoneksi dengan Internet. Dan handphone tentu yang suport untuk install aplikasi Mobile JKN.

Langkah mudah mendaftar menjadi peserta baru JKN-KIS ikuti tahapan - tahapannya di bawah ini, lengkap hingga kartu peserta aktif dan bisa di gunakan. Dengan mendaftar JKN-KIS melalui Aplikasi mobile JKN terdapat beberapa kelebihan antara lain menghemat waktu dan bisa di lakukan kapan saja dan dimana saja.

Mobile JKN adalah aplikasi resmi yang di keluarkan oleh BPJS Kesehatan yang berguna untuk mengakses informasi kepesertaan JKN-KIS dan untuk pendaftaran peserta baru BPJS Kesehatan.

Berikut ini tahapan pendaftaran peserta baru JKN-KIS melalui Aplikasi mobile JKN


Silahkan unduh terlebih aplikasi Mobile JKN, untuk pengguna Android di PlayStore dan untuk pengguna iOS di AppStore. Setelah aplikasi mobile JKN terinstall, lalu buka aplikasi kemudian Tap PENDAFTARAN PESERTA BARU


Silahkan membaca dengan seksama Pernyataan menerima dan menyetujui syarat dan ketentuan layanan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan, Lalu Tap SAYA SETUJU

Pilih Keluarga


Kemudian masukkan NIK / E-KTP (NIK kepala keluarga) pada baris pertama lalu isikan kode Captcha sesuai yang tertera di layar pada baris kedua kemudian Tap CARI


Maka akan terlihat susunan anggota keluarga di mulai dari kepala keluarga, istri, anak pertama dan seterusnya seperti susunan yang tertera pada kartu keluarga (KK) dengan notifikasi background warna biru di sebelahnya belum terdaftar BPJS kesehatan. Dengan demikian bisa untuk melanjutkan ke proses pendaftaran peserta baru bpjs kesehatan dengan Tap SELANJUTNYA.

Alamat Domisi dan memilih Faskes Pertama


Halaman berikutnya yaitu melengkapi data kependudukan di mulai dari data kepala keluarga seperti Alamat domisili dan surat menyurat, silahkan ceklis pada alamat surat menyurat sama dengan alamat KTP dan mengisi kode pos sesuai wilayah anda lalu Tap SIMPAN


Selanjutnya menentukan fasilitas kesehatan pertama (Faskes 1) di mulai dari memilih Provinsi, Kabupaten dan kecamatan sesuai alamat di e-KTP, dalam hal menentukan faskes pertama di butuhkan Akses Lokasi / GPS di aktifkan pada gadget handphone yang di gunakan silahkan buka Setting di handphone lalu aktifkan lokasi agar dapat memperoleh info lokasi faskes di daerah anda masing-masing.

Baca juga : Ubah faskes JKN-KIS via aplikasi

Maka akan muncul nama dan lokasi faskes rujukan yang tersedia, dan silahkan pilih faskes sesuai keinginan anda lalu Tap SIMPAN.


Halaman berikutnya melengkapi data kependudukan yaitu Data Istri, Data Anak pertama, Anak kedua, dan seterusnya jika ada. Silahkan lakukan langkah yang sama di sesuaikan seperti untuk kepala keluarga, lalu kemudian Tap SELANJUTNYA.

Kelas Perawatan dan iuran


Halaman berikutnya yaitu memilih kelas rawat inap, dengan cara klik tombol dropdown pilih kelas I (SATU), II (DUA), III (TIGA) pilih salah satu dan pilihannya berlaku untuk keseluruhan anggota keluarga yang tertera pada KK.


Dengan memilih salah satu kelas maka akan terlihat rincian nominal iuran perjiwa dan total iuran satu keluarga yang harus anda bayar perbulannya.
Contoh gambar diatas ini, kelas III (TIGA) premi perjiwa Rp.25.500 dengan keseluruhan 5 peserta Rp.127.500 perbulan.

Data kontak


Halaman berikutnya mengisi data kontak yaitu alamat Email dan nomor Hp.
Masukkan alamat email anda dengan cara klik email. Pastikan alamat email yang dimasukkan benar, karena sistem akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email tersebut. Lalu Tap SIMPAN.


Silahkan buka inbox email untuk mengambil kode verifikasi yang di kirimkan oleh sistem BPJS kesehatan kemudian masukkan no verifikasi pada kolom yang di sediakan lalu Tap VERIFIKASI.

Selanjutnya mengisi nomor Hp pada kolom yang di sediakan lalu Tap SIMPAN

Kemudian langkah terakhir untuk melengkapi proses pendaftaran peserta baru BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN silahkan Tap SIMPAN DATA.

Pendaftaran berhasil dengan notifikasi seperti gambar screenshot di bawah ini.


Silahkan cek inbox email yang masuk dari BPJS kesehatan berupa pemberitahuan nomor Virtual Account BPJS Kesehatan anda dan anggota keluarga lainnya beserta petunjuk pembayaran iuran, dan untuk membayar iuran yang pertama kalinya yaitu paling cepat 14 hari kalender dan paling lambat 30 hari setelah menerima Virtual Account.

Lakukanlah pembayaran iuran pertama setelah melewati 14 hari sejak pendaftaran untuk mendapatkan kartu E-ID JKN-KIS, banyak metode pembayaran yang bisa anda pilih seperti melalui ATM, situs belanja online atau melalui Bank yang di tunjuk oleh BPJS kesehatan seperti yang tertera pada isi email perihal petunjuk pembayaran.

Baca juga : Manfaat aplikasi Mobile JKN

Setelah anda melakukan pembayaran maka sistem BPJS kesehatan akan secara otomatis mengetahuinya, jadi anda tidak perlu melakukan konfirmasi apa-apa kepada BPJS Kesehatan.


Dan untuk kartu peserta JKN-KIS akan di kirimkan oleh BPJS Kesehatan ke alamat domisili masing-masing pendaftar paling cepat 6 hari kerja setelah pembayaran iuran pertama di lakukan seperti yang terlihat pada gambar screenshot di atas ini.

Tutorial cara daftar JKN-KIS melalui Aplikasi Mobile JKN bisa anda tonton melalui kanal youtube dengan menuju tautan berikut
https://youtu.be/xjtVH6mXUcI

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar