Skip to main content
BlogAzka.com

follow us

Cara Pasang iklan MGID di blog AMP agar valid AMP

Sebuah blog platform blogger yang menggunakan template AMP (Accelerated Mobile Pages) tidak bisa memasang langsung unit iklan MGID Publisher yang berupa kode JavaScript, karena jika di paksakan memasang di blog platform blogger dengan cara menambahkan widget HTML/JavaScript maka ketika blog tersebut di tes dengan AMP Validator akan muncul notifikasi Validation Status : FAIL alias tidak valid AMP.

MGID hingga saat ini belum merilis format iklan yang di khusus kan untuk Blog AMP, namun bagi pemilik blog AMP jangan berkecil hati karena saya berhasil menemukan cara untuk mengakali iklan MGID bisa di pasang di blog AMP yaitu menggunakan kode AMP IFRAME dan cara ini tidak melanggar kebijakan mgid itu sendiri dan sudah saya test dengan cara ini valid AMP.

Trik ini saya temukan dari blognya jegulo.com, di awal penerapannya memang ada beberapa kendala yang saya alami seperti iklan mgid tidak muncul di blog AMP lalu iklan mgid bisa muncul namun tidak bisa di klik (untuk uji coba klik pake gadget berbeda), namun dengan kesabaran dan mencoba mengulang dari awal akhirnya bisa berhasil.

Berikut ini tahapan memasang iklan MGID di blog AMP


Widgets MGID
Langkah pertama tentunya sudah mendaftar di MGID, lalu web/blog AMP anda sudah di terima menjadi publisher MGID untuk bisa membuat WIDGETS (type iklan mgid).

Contoh akan pasang iklan mgid di dalam artikel maka login di mgid lalu ambil Script iklan mgid yang sudah anda buat sebelumnya atau membuat unit iklan mgid baru dengan cara klik > Add Widgets lalu pilih type Under Article Widget atau In-Article Widget, lalu klik > Save.



Selanjutnya Salin kode script type iklan mgid seperti pada gambar screenshot di atas ini.

Upload file HTML di GitHub
Langkah kedua login ke akun github anda untuk membuat File HTML, cara membuat file HTML di GitHub Baca di sini.

Masukan kode iklan MGID yang sebelumnya telah anda Salin di langkah pertama lalu Tempel di kolom konten file html yang anda buat, seperti mgid.html pada contoh gambar screenshot di bawah ini.


Karena buat format file HTML maka tambahkan kode HTML di awal dan penutup di akhir jadinya seperti script di bawah ini (Ukuran File 1.04 Kb).


<!DOCTYPE html>
<head>
</head>
<body>
Script iklan mgid disini
</body>
</html>

(kode iklan mgid sesuaikan dengan kode script untuk blog anda)
Lalu klik Commit new file.



Salin URL file github seperti pada gambar di atas ini, Contoh URL : https://github.com/blogazka/iklan-mgid/blob/master/mgid.html kemudian Raw url dari Github tersebut ke Staticaly



Di situs web Staticaly tempel url file html github di kolom pertama otomatis refresh dan hasilnya salin url Staticaly file html yang berada di kolom kedua seperti pada gambar screenshot di atas ini.

Simpan URL Staticaly yang di kolom nomor 2 untuk kemudian dimasukan ke blog AMP bersama kode iframe.

Memasang Iframe di Blog Template AMP Platform Blogger
Langkah ketiga siapkan kode iframe seperti di bawah ini.


<amp-iframe width='250' height='300' layout='responsive' sandbox='allow-scripts allow-same-origin allow-popups' frameborder='0' src='Isi URL mgid html'>
</amp-iframe>

Pelajari tentang AMP Iframe
Untuk ukuran width dan height silahkan di ubah sesuai dengan lebar template AMP dan URL mgid html isi dengan file html yang harus anda buat seperti di langkah kedua.

Selanjutnya letakkan iframe iklan MGID sesuai yang anda inginkan seperti dalam artikel atau dalam susunan HTML Template AMP anda, namun pastikan bahwa dalam template AMP sudah terpasang Tag Meta AMP iframe
untuk hasilnya lihat di artikel ini.

Selamat mencoba.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar