Skip to main content
BLOGAZKA.COM

follow us

Cara Mengatasi Peringatan Ads.txt

Sewaktu login di akun AdSense, saya di buat kaget karena ternyata di dashboard Google AdSense terdapat notifikasi dengan background warna merah tulisan warna putih yang artinya peringatan keras yang menyebutkan "Penghasilan Anda berisiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang Adsense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda."

Setelah saya telusuri dengan klik tombol Aksi ternyata Peringatan Ads.txt muncul bukan karena melanggar kebijakan Adsense atau belum terpasang ads.txt adsense pada blog utama saya melainkan di karenakan ada salah satu blog saya yang tidak memasang ID Penayang AdSense.

Dan blog yang terdapat peringatan Ads.txt tersebut sebelumnya sudah di verifikasi di akun AdSense yang artinya sudah siap untuk di Monetisasi dengan AdSense namun blog tersebut tidak di Monetisasi dengan AdSense melainkan saya Monetisasi dengan Chitika.

Seperti yang sudah di ketahui oleh para publisher, bahwasanya di awal tahun 2018 lalu adanya peraturan baru yang mengharuskan pemasangan Authorized Digital Sellers (Ads) txt pada setiap situs web/blog mereka yang di Monetisasi tujuan nya untuk menghindari hilangnya pendapatan anda sebagai penayang iklan.

Dan dari setiap situs publisher seperti AdSense, MGID, Chitika atau situs publisher yang lainnya mempunyai format ID TAG Ads.txt yang berbeda.


Penyebab dari adanya notifikasi peringatan Ads.txt di akun AdSense antara lain belum memasang ads.txt, format Ads.txt yang salah atau ID penayang tidak sesuai, jika terjadi hal yang demikian maka cara untuk mengatasinya sangat mudah dan langkah yang harus anda lakukan adalah dengan memasang ads.txt AdSense di blog kalian secara tepat.

Perihal cara membuat Ads.txt AdSense dan cara memasangnya di blogger bisa di baca di Artikel ini.

Kembali ke blog yang terdapat peringatan Ads.txt yang saya alami, blog tersebut saya monetisasi dengan Chitika yang artinya format ID TAG ads.txt yang di pasang tentunya dari Chitika.

ID TAG Ads.txt dari Chitika seperti pada gambar screenshot di bawah ini


Untuk mengatasi peringatan ads.txt yang saya alami tersebut yang saya lakukan adalah dengan mengganti ID penayang Adsense dari Chitika yang tertera pada gambar di atas ini yaitu pub-6282801281028626 di ganti dengan ID penayang AdSense milik sendiri.

Update
Setelah menunggu hampir 24 jam dengan menggabungkan ID TAG ads.txt adsense dan Chitika di blogspot tidak membuat notifikasi peringatan Ads.txt di akun google adsense menjadi hilang.

Kesimpulan saya bahwa memasang berbarengan ads.txt dari kedua publisher tersebut tidak di restui oleh AdSense, dan karena khawatir berdampak pada penghasilan AdSense maka saya tidak memakai format ads.txt dari Chitika berbarengan dengan ads.txt Google AdSense.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar