Skip to main content
BlogAzka.com

follow us

Punya lebih dari satu KPJ, begini cara mengeceknya

Cara tambah KPJ di aplikasi BPJSTKU - Pada dasarnya bagi peserta BPJS ketenagakerjaan yang berhenti dari satu perusahaan lalu kemudian bekerja kembali pada perusahaan lain, maka kepesertaannya dalam program BPJS ketenagakerjaan bisa di lanjutkan di perusahaan yang baru dengan nomor KPJ yang lama.

Syarat pemindahan nya pun tidak rumit hanya menyerahkan kartu peserta BPJS ketenagakerjaan ke perusahaan yang baru untuk selanjutnya di tindak lanjuti oleh perusahaan dengan memberikan formulir pendaftaran BPJS ketenagakerjaan untuk anda perbarui perihal data terbaru dan terlengkap anda.

Jika seumpama ketika pertama kali didaftarkan menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan pada perusahaan yang lama status anda belum menikah atau sudah menikah tapi belum mempunyai anak (ahli waris) maka dalam formulir tersebut bisa anda perbarui data lalu KPJ lama anda di sertakan atau di pinjam sementara untuk di verifikasi di kantor BPJS ketenagakerjaan untuk perubahan data perusahaan baru.

Kemudian setelah selesai di validasi anda masih menggunakan nomor peserta BPJS ketenagakerjaan yang lama (Jamsostek) namun dengan data perusahaan yang baru.

Dan untuk melanjutkan kepesertaan di BPJS ketenagakerjaan pada perusahaan yang baru tidak memerlukan surat keterangan resmi dari perusahaan lama tempat anda sebelumnya bekerja.

Namun dalam beberapa kasus ketika si karyawan akan di ikutsertakan menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan oleh perusahaan hanya di minta potokopi KTP dan KK padahal si karyawan sudah terdaftar sebagai peserta BPJS ketika bekerja di perusahaan yang lama.
Sehingga akhirnya mempunyai dua nomor KPJ (kartu peserta jamsostek) yang berbeda dan terdaftar dari dua perusahaan yang berbeda pula.

Jika demikian maka memiliki lebih dari 1 KPJ bisa di tambahkan dengan cara menambahkan KPJ kedua dan seterusnya di aplikasi BPJSTKU.

Namun untuk menambahkan kartu peserta kedua dan seterusnya sebelumnya harus mendaftarkan KPJ pertama di aplikasi BPJSTKU.

Baca juga : Cara cek BPJS Ketenagakerjaan Via aplikasi BPJSTKU

Dan KPJ yang bisa di tambahkan harus atas nama anda sendiri tidak bisa atas nama peserta lain karena satu akun bpjstku hanya untuk satu peserta.


Silahkan Login di aplikasi BPJSTKU kemudian Tap pada fitur Lihat Kartu & Saldo JHT akan muncul popup untuk memasukan nomor PIN /akun BPJSTKU anda selanjutnya Tap KIRIM

Halaman berikutnya lihat pada bagian sebelah kanan di atas kartu peserta Tap pada tanda Plus (+) untuk menambahkan KPJ yang lain.


Halaman berikutnya silahkan masukkan nomor KPJ pada kolom lalu Tap SIMPAN, apabila nomor KPJ yang dimasukkan sudah benar maka muncul notifikasi "KPJ berhasil di tambahkan"


Setelah berhasil menambahkan nomor peserta kedua maka pada layar akan terlihat titik dua di tengah pertanda pada halaman Lihat kartu & saldo JHT bisa gulir ke kiri dan kanan gunanya untuk melihat rincian peserta seperti saldo JHT dan dua nama perusahaan yang berbeda.

Keterangan : Fitur tambah KPJ di aplikasi bpjstku hanya muncul pada akun peserta yang memiliki lebih dari satu kartu peserta.

* Update

Setelah pembaruan aplikasi BPJSTKU terbaru 2019, terdapat beberapa perubahan pada tampilan dan juga fitur seperti Cara Tambah KPJ terbaru 2019 bisa di lakukan dengan dua cara :
Pertama, login di Aplikasi bpjstku lalu Tap > Lihat Saldo > kemudian Tap tanda plus (+) > Pilih Segmen (PU, BPU, PMI).


Kedua, login di Aplikasi bpjstku kemudian Tap > Profil > Pengaturan > Tambah KPJ > Pilih Segmen (PU, BPU, PMI) lalu Tap Kirim, Seperti gambar screenshot di atas ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar