Skip to main content

follow us

Cara cek jamsostek (BPJS ketenagakerjaan)

Jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek) yang sekarang menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang bertugas melindungi seluruh pekerja melalui 4 program jaminan sosial ketenagakerjaan.
Bagi peserta jamsostek bisa mengecek kepesertaan nya secara mandiri melalui situs resmi BPJS langsung atau melalui aplikasi yang sudah tersedia bagi pengguna Android dan IOS.
Walau sebenarnya bukan hal baru untuk bisa mengecek melalui aplikasi karena di tahun sebelumnya bisa menggunakan aplikasi bpjstk mobile hanya saja di tahun 2018 ini aplikasi tersebut sudah tidak bisa di gunakan karena BPJS ketenagakerjaan selaku pihak yang mengeluarkan bpjstk mobile telah mengganti dengan aplikasi resmi yang baru dengan nama BPJSTKU.

Lalu apa kegunaan aplikasi BPJSTKU?
Dengan mendaftarkan Nomor KPJ (kartu peserta jamsostek) di aplikasi BPJSTKU peserta BPJS ketenagakerjaan bisa dengan mudah mengecek secara real time perihal kepesertaan nya, seperti cek aktif atau tidaknya kartu jamsostek anda, atau untuk melihat saldo jaminan hari tua (JHT) yang sudah terkumpul.

Apa Kelebihan aplikasi BPJSTKU?
Kelebihan aplikasi BPJSTKU di bandingkan dengan bpjstk mobile salah satunya adalah, bagi pekerja mandiri bisa mendaftar menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU.

Perbedaan Bpjstk mobile dengan BPJSTKU?
Ketika mendaftar melalui aplikasi bpjstk mobile di syarat kan memasukan nama ibu kandung di formulir pendaftaran namun di aplikasi BPJSTKU tidak ada kolom isian untuk memasukan nama ibu kandung di formulir pendaftaran


Persyaratan sebelum mendaftar di aplikasi BPJSTKU

  1. NO. KPJ (kartu peserta jamsostek) bisa di lihat di kartu peserta, tepatnya 11 angka yang tertera di bagian depan sebelah kiri.
  2. NO. NIK KTP yang sama ketika pertama kali mendaftar di jamsostek atau NIK E-KTP
  3. Alamat E-mail
  4. NO Handphone 

Lalu bagaimana jika anda sebagai peserta namun belum memegang kartu BPJS Ketenagakerjaan?
Coba anda tanyakan kepada bagian Human Resources Development (HRD) di kantor tempat anda bekerja, karena ada juga perusahaan yang hanya memberikan informasi tentang kepesertaan di BPJS ketenagakerjaan kepada karyawan nya namun tidak memberikan kartu peserta. Dan biasanya perusahaan akan memberikannya ketika karyawan tersebut berhenti kerja atau mencapai usia pensiun.

Baca juga : Booking Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Wilayah di Indonesia

Langkah Untuk mendaftarkan Nomor Peserta BPJS ketenagakerjaan Di Aplikasi BPJSTKU


Unduh aplikasi BPJSTKU, bagi pengguna Android di Play Store atau melalui link di bawah ini.

BPJSTKU

dan bagi pengguna IOS di apps store atau dengan menuju situs resmi  https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id untuk mendaftar juga bisa melalui situs web tersebut.

Setelah aplikasi terinstall, buka aplikasi lalu klik tombol > Profil di pojok kanan bawah akan terbuka laman seperti gambar bawah ini.


  1. Jika sebelumnya sudah mendaftar di aplikasi BPJSTK mobile, maka tinggal Login dengan memasukkan alamat email dan no PIN yang sama ketika dahulu mendaftar.
  2. Namun Jika baru pertama kali maka klik > Buat akun.


Gambar atas ini tahap pertama untuk membuat akun, ketikan Nama lengkap anda di kolom pertama dan Alamat email di kolom kedua lalu klik > Selanjutnya.


Tahap selanjutnya memasukan kode verifikasi yang di kirimkan ke alamat email anda periksa terlebih dahulu inbox email anda contoh kode verifikasi 357952,

Copy kode verifikasi yang anda terima lalu masukan di kolom > kode verifikasi lalu klik > Verifikasi.


Selanjutnya membuat PIN bebas berupa angka maksimal 6 digit contoh 123456 masukan kembali pin yang sama di kolom Konfirmasi Pin aplikasi lalu klik > Selanjutnya.


Gambar atas ini untuk konfirmasi kalau anda sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan lalu klik > Ya, saya peserta.


Masukan nama lengkap anda sesuai yang tertera di KTP, contoh: iip saripudin lalu klik > Selanjutnya.


Masukan tanggal lahir anda sesuai yang di ktp, Misal dengan mengetikkan 08051996 maka akan menjadi 08-05-1996 lalu klik > Selanjutnya.


Tahap selanjutnya masukan 16 digit nomer KTP yang di gunakan ketika pertama kali mendaftar menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan lalu klik > Selanjutnya.


Di halaman berikutnya, Masukan nomor kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan (KPJ) yang anda miliki lalu klik > Selanjutnya.


Tahap selanjutnya, masukan Nomer Handphone anda yang aktif karena akan di gunakan untuk menerima kode verifikasi jika nanti anda lupa PIN, lalu klik > Selanjutnya.


Lalu Masukan kode verifikasi yang di kirimkan ke no Handphone anda di kolom kode Verifikasi, lalu klik > Selanjutnya atau klik kirim ulang jika kode verifikasi belum anda terima.


Jika semua tahapan berhasil anda selesaikan maka akan masuk ke menu utama aplikasi BPJSTKU seperti gambar atas ini, berhasil mendaftarkan No peserta BPJS ketenagakerjaan di dalam aplikasi BPJSTKU.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar