Skip to main content

follow us

Ngatasi Video Youtube tidak bisa di Monetisasi

Seputar video yang di upload di youtube, Mungkin di antara sobat semua terutama para Youtuber pernah mengalami permasalahan seperti yang pernah saya alami yakni video yang selesai di upload ke youtube Tidak bisa di Monetisasi.

Akibatnya jika terjadi hal demikian akan sia-sia lah hasil kerja keras kalian seperti edit video yang lama atau kendala lainnya, jika akhirnya video yang di upload tersebut tidak bisa menghasilkan pendapatan berupa uang dari Iklan AdSense yang tayang di video tersebut.
Karena dari tayangan iklan adsense tersebut letak penghasilan yang di harapkan oleh para Youtuber.

Seiring semakin ketat nya Persyaratan Kelayakan  untuk Program Partner Youtube (YPP) agar video yang di upload bisa menayangkan Ads AdSense, para youtuber di tuntut untuk membuat dan mengupload video yang berkualitas dan juga tidak melanggar Aturan kebijakan youtube itu sendiri.


Contoh video youtube tidak bisa di Monetisasi dan berikut cara mengatasinya


Icon dollar kuning, adalah tanda untuk Konten yang tidak cocok untuk sebagian pengiklan. Baca Pedoman konten .



Setelah klik tombol Aktifkan Monetisasi pada video seharusnya ikon dollar berubah menjadi hijau ini malah jadi warna kuning, video tersebut kemungkinan akan menampilkan iklan, hanya saja iklan yang muncul sangat terbatas atau bahkan tidak ada iklan sama sekali.

Lalu apa penyebabnya?
kemungkinan video berisi konten yang sensitif, atau terdapat kata-kata yang tidak seharusnya pada judul dan deskripsi, atau pada thumbnail video.

Namun jika anda yakin bahwa video yang anda upload tidak terdapat unsur yang menyesatkan dan menganggap kesalahan ada pada sistem youtube.
Maka untuk mengatasi nya bisa dengan mencoba cara berikut ini:

  • Mengajukan banding secara langsung kepada Pihak Youtube, Caranya login atau masuk ke akun youtube melalui browser, selanjutnya masuk ke menu >Pengelola Video >Edit Video > lalu klik Minta Peninjauan Manual.


    Untuk selanjutnya tim Youtube akan mereview video anda dan mungkin akan membutuhkan waktu lama karena akan di review oleh manusia bukan lagi system otomatis Youtube.
    Hanya sayangnya Tim Youtube akan mereview video anda jika video tersebut sudah memiliki setidaknya 1000 view dalam 7 hari terakhir.
    Namun jika anda beruntung setelah beberapa hari video anda sudah bisa di Monetisasi tidak harus menunggu 1000 views.
  • Mengganti Judul dan Thumbnails, karena judul atau gambar thumbnails yang di buat bisa saja menjadi penyebab video tidak bisa di Monetisasi caranya bisa anda coba dengan mengganti judul atau thumbnails video melalui browser atau aplikasi android Creator studio. caranya, edit video yang tidak bisa di Monetisasi lalu ubah judul seperti menambahkan kata - kata di depan atau bagian belakang atau mengganti keseluruhan.

    Seperti contoh dengan judul "Cara Hack Wifi" lalu coba ganti dengan "Cara menggunakan aplikasi WPA WPS Tester" dan hindari kata - kata seperti Gratis atau Hack ganti dengan Tutorial.

➦ Icon dollar berwarna hitam dengan garis miring di tengah



Untuk mengatasi ikon dollar berwarna hitam seperti gambar screenshot di atas ini, yang harus anda lakukan adalah masuk ke akun youtube melalui browser tidak bisa melalui aplikasi Creator Studio.

Seperti contoh Copyright Music, di dalam video yang di upload terdapat musik yang mempunyai hak cipta walaupun musik yang anda masukan di dalam video tersebut tidak mengisi di keseluruhan video misal hanya di akhir video.



Untuk mengatasi nya masuk ke akun youtube melalui browser misal Google Chrome lalu masuk ke menu >Pengelola Video dan lalu Edit video yang terdapat musik Copyright untuk selanjutnya ganti dengan musik No Copyright yang di sediakan secara gratis oleh youtube.

Penjelasan saya di atas ini tentang cara ngatasi video youtube tidak bisa di Monetisasi, Mudah mudahan artikel di atas ini di mengerti dan bermanfaat bagi sobat semua.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar