Skip to main content
BLOGAZKA.COM

follow us

Cara Mengaktifkan HTTPS Custom Domain Blogspot

Fitur baru di blogger.com, kini bisa mengaktifkan Sertifikat SSL HTTPS di blog yang menggunakan domain khusus (Custom Domain). Selain fitur baru lainnya yakni bisa mengaktifkan Ads.txt

Sewaktu Blog Azka di custom domain ke domain pribadi belum tersedia fitur pengalihan HTTPS. Karena waktu itu fitur untuk mengaktifkan HTTPS baru tersedia bagi blog yang masih menggunakan subdomain blogspot seperti https://nama-kamu.blogspot.com. Bagi pemilik blog yang sudah lama Custom Domain di blogspot kini bisa untuk Mengaktifkan pengalihan HTTPS. Melakukan Pengalihan HTTPS merupakan sebuah langkah tepat Karena termasuk cara untuk Optimasi SEO.

Apa Itu HTTP?

Hypertext Transfer Protokol (HTTP) merupakan protokol yang menyediakan perintah antara jaringan browser client dengan web server. Dalam komunikasi ini, browser client melakukan permintaan dengan mengetikkan alamat blog atau website yang ingin di akses, sedangkan server mengolah permintaan tersebut berdasarkan kode protokol yang di inputkan.

Apa Itu HTTPS?

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) memiliki pengertian yang sama dengan HTTP hanya saja HTTPS memiliki kelebihan fungsi di bidang keamanan (secure).

Apa Manfaatnya Menggunakan HTTPS ?

Manfaat utama menggunakan HTTPS seperti di sebutkan di Support google, Menggunakan HTTPS dapat menjamin keamanan dalam Autentikasi Server yaitu membantu memeriksa bahwa pengunjung blog anda membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs berbahaya.

HTTP tidak bisa menjamin sebuah keamanan data antara klien dan server. Sedangkan HTTPS bisa menjamin keamanan data, karena menggunakan sertifikat SSL yang terenkripsi.

Cara Mengaktifkan HTTPS Untuk Blog yang Menggunakan Domain khusus di blogspot

Caranya : Masuk ke dasboard blogger.com lalu klik > SETELAN > DASAR di address bar (link browser bagian atas) lalu ganti www menjadi draft. Sehingga menjadi https://draft.blogger.com/ selanjutnya refresh halaman sampai muncul fitur Ketersediaan HTTPS di sebelah kanan.

Pilih YA di bagian > " Ketersediaan HTTPS ". Tunggu sesaat ketersediaan HTTPS sedang di proses. Kemudian Refresh kembali halaman,

Selanjutnya Pilih YA di bagian > " Pengalihan HTTPS ", Tunggu beberapa saat sampai pengalihan HTTPS berhasil.

Dan jangan khawatir jika setelah mengaktifkan Pengalihan HTTPS, situs blog anda tidak bisa di akses karena hanya untuk beberapa saat saja mungkin masih dalam Proses pengalihan HTTPS.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar