Skip to main content

follow us

Cara mengaktifkan Ads.txt di blogspot

Cara membuat dan mengaktifkan Ads.txt di blogspot, seperti yang di sebutkan di support google Ads.txt merupakan inisiatif IAB yang membantu memastikan inventaris iklan digital hanya di jual melalui penjual resmi seperti AdSense.

Dengan kata lain, memasang file ads.txt di root domain dapat memastikan bahwa iklan yang tayang di situs anda berasal dari penjual resmi seperti Google AdSense dan juga dapat membantu pembeli untuk mengidentifikasi inventaris palsu.

Penggunaan Authorized Digital Sellers (Ads) txt di root domain itu sendiri tidak di wajibkan melainkan hanya di rekomendasikan karena tidak akan berpengaruh pada penghasilan anda. Dan saat ini di Blogspot selaku subdomain milik Google telah menyediakan tempat untuk menyimpan atau mengaktifkan file ads.txt.

Ads.txt merupakan Fitur baru di blogspot yang bisa di aktifkan untuk blog yang dimonetisasi, baik yang masih menggunakan subdomain blogspot seperti nama-anda.blogspot.com ataupun blog yang sudah di Custom Domain seperti www.nama-anda.com.
Karena sebelumnya bagi yang Custom Domain di blogspot untuk mengaktifkan atau meng hosting ads.txt harus melalui penyedia Root Domain dimana tempat anda menyewa domain.

Membuat File ads.txt untuk selanjutnya di Hosting di Root domain bukan hanya bagi publisher AdSense saja melainkan di rekomendasikan juga untuk publisher lainnya seperti Chitika dan tentunya dengan ID TAG yang berbeda.


Berikut ini cara membuat dan mengaktifkan file ads.txt di blogspot sesuai dengan ID penayang AdSense


Tujuan membuat file ads.txt untuk mendeklarasikan kepada publik bahwa Google diotorisasi untuk menjual inventaris iklan Anda:

Di Dasboard Blogger lalu masuk ke > SETELAN > PREFERENSI PENELUSURAN > MONETISASI Lalu Aktifkan konten ads.txt kustom? Klik > YA maka akan terlihat seperti pada gambar screenshot di bawah ini.



Salin file txt yang di bawah ini, lalu tempel / masukan di kolom seperti gambar atas ini.

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Ganti angka Nol yang berwarna Merah dengan 16 digit ID Penayang AdSense Anda.

Untuk mengetahui ID Penayang AdSense masuk ke akun AdSense Anda, di dasboard adsense lihat Address bar atau link di bilah atas seperti pada gambar screenshot di bawah ini.



16 digit angka setelah pub- adalah ID penayang AdSense.

Setelah file ads.txt di simpan di kolom periksa kembali apakah sudah sesuai dengan ID Penayang AdSense anda jika sudah benar lalu klik > Simpan Perubahan.

Untuk mengecek apakah ads.txt sudah aktif atau belum di domain anda dengan cara mengakses www.domain-anda.com/ads.txt jika berhasil akan terlihat seperti isi file ads.txt. yang anda masukan sebelumnya.
Namun Jika terlihat notifikasi Errors ads.txt di akun AdSense kemungkinan besar ada kesalahan ketika memasukan ID Penayang maka anda harus mengulang kembali cara yang di atas.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar