Skip to main content

follow us

Fitur aplikasi JKN-KIS yang wajib di ketahui peserta BPJS Kesehatan

Untuk mengetahui dan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi JKN-KIS Mobile terlebih dahulu anda sebagai peserta BPJS Kesehatan harus mendaftarkan nomor peserta JKN-KIS yang anda miliki untuk caranya bisa membaca artikel Cara Cek Kepesertaan JKN-KIS .
Aplikasi JKN-KIS Mobile Merupakan petunjuk teknis menjadi peserta BPJS Kesehatan yang mencakup informasi hak dan kewajiban, fasilitas, manfaat dan sanksi, tagihan iuran bulanan, pencetakan kartu E-ID, perubahan data, email, nomor telepon bahkan di dalam aplikasi JKN-KIS Mobile ada fitur untuk Merubah Fasilitas kesehatan pertama (Faskes 1).
Aplikasi JKN-KIS mobile sudah tersedia bagi pengguna Android dengan mendownload di Play Store dan bagi pengguna IOS bisa mendownload di App Store tentunya di khususkan bagi peserta mandiri atau peserta bukan penerima upah (PBPU).


Berikut Ini Fitur-fitur JKN-KIS Mobile Yang Wajib Di Ketahui Peserta BPJS Kesehatan


1 . Peserta



Fitur yang ada di dalamnya :
  • Peserta, jumlah dan data Peserta, Kelas, Status (aktif atau tidak), dan nama faskes 1 yang ditunjuk.
  • Ubah Data Peserta, seperti mengganti no Handphone atau mengisinya dan pastikan no Handphone yang di masukan benar dan aktif  karena akan di gunakan sebagai media komunikasi selanjutnya. Mengganti alamat email atau mengisinya jika masih kosong, mengisi alamat jika belum lengkap (harus sesuai E-KTP yang berlaku), perubahan Faskes 1, dan perubahan kelas rawat inap. Berikut ini Cara Ubah Faskes 1 lewat Aplikasi
  • Kartu Peserta, pencetakan kartu baru JKN-KIS dengan cara klik Icon Surat untuk minta di kirimkan E-ID ke alamat email anda.
  • Pendaftaran Peserta, fitur ini bisa di gunakan untuk mendaftarkan peserta baru secara online dengan menyetujui syarat dan ketentuan layanan pendaftaran peserta Bpjs Kesehatan.

2. Tagihan



Fitur yang ada di dalamnya :
  • Premi, nominal tagihan per orang berikut jumlah tagihan keseluruhan.
  • Pembayaran, metode pembayaran yang bisa di gunakan seperti melalui Bank Mandiri, BRI, BNI, Bank BTN atau melalui situs E-comerce pada saat postingan ini di buat baru Tokopedia yang ada di aplikasi mobile JKN-KIS.
  • Catatan Pembayaran, riwayat pembayaran Premi yang sudah dilakukan.
  • Cek VA, No Virtual Account adalah bukti anda peserta JKN-KIS dan No VA tersebut sebagai no tagihan yang harus anda bawa ketika melakukan pembayaran melalui Bank yang di sebutkan di atas. Atau Membayar Tagihan Bpjs Kesehatan Melalui ATM


3. Pelayanan



Fitur yang ada di dalamnya seperti Riwayat pelayanan, Pendaftaran pelayanan dan Skrining, Fitur ini berfungsi untuk melihat potensi risiko kesehatan peserta dengan mengisi sekitar 44 pertanyaan yang terdiri atas kebiasaan dan aktivitas anda sehari-hari dan lain-lain dengan menyetujui untuk di skrining.

4. Umun

Fitur yang ada di dalamnya
  • Info JKN, perihal Pendaftaran hak & kewajiban sanksi fasilitas dan manfaat.
  • Lokasi, peta dan alamat kantor cabang, faskes tingkat pertama dan faskes tk lanjut.
  • Pengaduan Keluhan, Pengaduan tertulis atau Pengaduan via telepon.
  • Pengaturan, fitur ini berhubungan dengan penggunaan Aplikasi JKN-KIS seperti Ubah Password dan Keluar dari aplikasi.

jika ada pertanyaan yang lebih mendetail dan hal lain yang belum di pahami bisa mengunjungi web resmi http://www.bpjs-kesehatan.go.id

Keterangan : Kini ada cara mudah mendaftar menjadi peserta JKN-KIS yaitu dengan menghubungi ➞ BPJS Kesehatan Care Center 1 500 400 (telepon berbayar)

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar