Skip to main content

follow us

Cara submit blog ke Search Engine

Tujuan utama membuat sebuah blog adalah untuk diisi dengan konten yang berupa artikel serta widget pendukung lainnya. Nah! agar "artikel" yang anda buat tersebut bisa di temukan dan di baca oleh orang lain selain harus konten yang berkualitas di tambah lagi dengan optimasi SEO (Search Engine Optimization).

Bagi blogger pemula jangan pernah berangggapan bahwa setelah Membuat blog dan memposting artikel akan secara otomatis terindeks dan dapat di ketemukan oleh mesin telusur.

Apalagi beranggapan blog anda akan langsung ramai di kunjungi, karena setelah membuat blog dan memposting artikel memerlukan usaha publikasi yang gencar dari anda sendiri sebagai pemilik blog.

Banyak cara yang bisa di lakukan agar sebuah blog bisa terkenal dan banyak pengunjungnya, antara lain dengan membagikan (share) di media sosial, mendaftarkan blog ke berbagai situs web directory, dan situs submitter.
Namun yang tak kalah penting dan sudah terbukti sangat efektif yaitu dengan mendaftarkan (submit) blog ke mesin pencari (Search Engine).

Coba Anda lihat acara televisi, perhatikan iklan yang muncul terkadang iklan dengan produk yang sama selalu muncul berkali-kali. Bagi pemilik produk gencar nya promosi yang mereka lakukan walau harus membayar dengan biaya mahal untuk promosi asalkan produk yang mereka tawarkan bisa terkenal dan tentunya jika sudah terkenal maka akan di cari banyak orang untuk di beli maka di situlah letak keuntungan yang dikemudian hari yang akan di peroleh oleh pembuat produk tadi.

Di atas ini hanya perumpamaan saja karena untuk membuat blog agar terkenal tidak perlu harus promosi yang berbayar, karena ada cara gratis yaitu dengan cara mendaftarkan blog ke Situs Webmaster atau mesin telusur agar blog anda terindeks dan berada di dalam list mesin pencari.


Mendaftarkan blog ke mesin telusur berlaku untuk blog yang gratisan dan yang berbayar seperti blogspot atau WordPress.

Mesin Telusur dan webmaster yang paling terkenal di dunia adalah Google Console, Bing dan situs webmaster yang berasal dari Russia yaitu Yandex.
Namun yang bahas kali ini adalah mendaftarkan blog ke webmaster Google Console.

Berikut ini cara mendaftarkan blog ke Search Engine Google


# Google Console
Untuk mendaftar ke Google webmaster Console, silahkan anda kunjungi link berikut
https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url anda di haruskan terlebih dahulu login menggunakan akun google yang sama dengan akun blogger, setelah berhasil login akan masuk ke halaman seperti gambar screenshot di bawah ini.
langkah yang harus di lakukan, yaitu mengisi form yang di sediakan :



  • URL ➞ Isi dengan URL blog anda. Contoh: http://azka-tutorial.blogspot.com
  • Ceklis ➞ kode Captha
  • Klik tombol ➞ Kirim Permintaan

Muncul notifikasi "Permintaan Anda telah diterima dan akan segera diproses".

Setelah selesai mengirimkan URL blog ke Google Console, Apakah cukup sampai di sini? Tentu saja  Belum cukup ! Karena baru sebatas url blog utama yang di minta untuk di index oleh Google, anda harus memverifikasi kepemilikan blog di Webmaster agar bisa mengirimkan peta situs atau sitemap dan mengirimkan Link URL artikel yang anda buat.

Verifikasi kepemilikan blog di Google Webmaster

Masuk ke > Dasboard Google Console lalu klik > Tambah Properti.



Ketikan URL blog anda dan opsi "Situs Web" lalu klik > Tambah.



Selanjutnya memilih metode Verifikasi, jika blog yang pertama kali di buat maka pilih Tag HTML.
Lihat gambar screenshot di bawah ini.



Contoh Meta Tag.

<meta content='gR89EWe3r5-gLwe4amrDd1GXLw7dyw_FUrlQ4FF3baw' name='google-site-verification'/>


Salin kode Meta Tag, Lalu masuk ke dasboard blogger > Tema >Edit HTML taruh Tag Html tersebut setelah kode <head> lalu klik > SIMPAN.
Selanjutnya kembali ke Google Console dan klik > Verifikasi.

Tahap selanjutnya Mengirimkan Peta situs atau sitemap.



Google Console, klik peta situs di bawah perayapan, lihat pojok kiri atas klik Tambahkan Peta situs di kolom isian ketikan sitemap.xml lalu > kirim seperti gambar atas ini. Tapi sebelum mengirimkan peta situs di Blog anda harus sudah ada beberapa artikel.

Langkah selanjutnya adalah mengirimkan URL Postingan untuk minta di index oleh google.
Caranya: Salin satu persatu judul artikel yang anda buat dan masukan ke Google Console.



Caranya, di dasboard Google Console masuk ke menu ambil sebagai google yang sekarang ganti menjadi Fetch as Google tepatnya ada di atas peta situs.

Contoh URL postingan
https://www.blogazka.com/2017/12/cara-daftar-blog-ke-search-engine.html?m=1

Masukan URL di kolom yang di sediakan hanya yang berwarna merah seperti contoh di atas ini.
Pilih opsi Desktop atau Ponsel Cerdas saran saya gunakan dua duanya tapi dengan cara satu persatu lalu klik > Tambah.
Lakukanlah dengan cara yang sama untuk URL postingan berikutnya.

Setelah semua tahapan di atas ini anda lakukan tunggu beberapa hari sampai artikel yang anda buat terindeks di pencarian Google.

Berapa lama artikel di indeks Search Engine ?

Tergantung artikel itu sendiri jika postingan yang anda buat sedang Viral maka akan lebih cepat terindeks dan berada di list paling atas Search Engine apalagi jika blog anda menggunakan domain TLD.
Namun jika blog anda masih menggunakan Subdomain gratisan misal blogspot maka memerlukan waktu 1 sampai 2 minggu baru postingan blog anda bisa terindeks.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar