Skip to main content
BLOGAZKA

follow us

Tips Aman Belanja Online

Dengan maraknya situs E-comerce sekarang ini untuk memiliki produk barang impian bisa di lakukan dan dapat anda miliki hanya melalui gadget sambil duduk manis di rumah yakni dengan cara Berbelanja Online.

Dengan belanja online memudahkan anda dalam memilih produk pilihan selain tentunya bisa menghemat waktu, Anda juga bisa melihat-lihat terlebih dahulu untuk membelinya di kemudian hari. Anda pun bisa membaca ulasan dari setiap produk dan membandingkan harga dari setiap penjual di beberapa situs belanja online dengan mudah.

Lain halnya jika anda datang ke pusat perbelanjaan seperti Mall tapi hanya sekedar melihat-lihat saja dan tidak membeli mungkin akan merasa malu. Berbelanja online ternyata juga bisa memberikan kepuasan yang bisa menyamai seperti saat berbelanja secara Offline, produk yang di jual di situs e-commerce mulai dari Produk kebutuhan sehari, gadget elektronik, pakaian sampai makanan dan minuman sudah tersedia lengkap.

Belanja Online bahkan sudah di jadikan alternatif dalam berbelanja bagi sebagian masyarakat di karenakan anda sendiri yang menentukan metode pembayaran dan pengiriman sesuai keinginan anda.

Namun dengan segala kemudahan berbelanja online tersebut jangan sampai melupakan kehati hatian sehingga anda perlu untuk mengetahui Tips Aman Belanja Online agar terhindar dari hal yang tidak di inginkan apalagi menjadi korban penipuan berbelanja online.

Tips Aman Berbelanja Online

# Toko Online Terverifikasi

Pilihlah situs E-comerce  yang Terverifikasi yang sudah di kenal banyak orang

# Keaslian Barang Dan Harga

Saat memutuskan untuk membeli sebuah produk misalkan Handphone. Pastikan juga mengecek keaslian dan harga dengan mencari tahu terlebih dahulu seperti melalui Google Search tentang reviews dan harga jangan hanya tergiur melihat potongan harga (Diskon) yang besar kalau ternyata barang tersebut abal-abal. Dan tak kalah pentingnya untuk membandingkan harga di beberapa situs E-comerce lainnya

# Rekam Jejak Penjualan

Lihat rekam jejak (riwayat) dan rating penjualan serta ulasan atau testimoni dari pembeli sebelumnya. Kemudian pastikan juga memilih toko online / merchant yang mendapatkan paling banyak Feedback Positif

# Kebijakan Toko Online

Usahakan untuk membaca terlebih dahulu kebijakan Toko Online tersebut, dan pastikan juga ada program jaminan barang seperti Refund atau penukaran barang jika di kemudian hari barang tidak sesuai dengan yang di pesan atau ada kerusakan.

# Metode Pembayaran dan memilih jasa Pengiriman yang tepat

Beberapa situs e-commerce menyediakan toko online pihak ketiga jadi jika Memilih metode Pembayaran selain Cash On Delivery (COD) pastikan anda membayar atau mentransfer ke No Rekening Bank situs e-commerce langsung bukan mentransfer ke merchant (penjual). Karena uang yang ada bayarkan baru akan diteruskan ke penjual jika anda sebagai pembeli sudah memberikan Konfirmasi terima barang.

Untuk menghemat biaya ongkir pilihlah jasa pengiriman yang ekonomis, Seperti membeli Produk yang di jual oleh Merchant yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan tempat tinggal anda, untuk menghindari ongkos pengiriman yang mahal. dengan cara mengecek terlebih dahulu biaya ongkos kirim.

Setelah melakukan transaksi pembayaran jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran karena mungkin di kemudian hari di perlukan. Dan kemudian pantau terus pelacakan produk yang sedang di pesan karena bisa cek melalui status pengiriman di akun Ecommerce atau dengan cara online.

Dan hampir semua jasa pengiriman menyediakan fitur pelacakan kiriman melalui kode tracking yang di berikan oleh toko online yang bersangkutan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar