Skip to main content

follow us

Cara merubah ukuran file photo di Android

Untuk merubah ukuran file photo hasil jepretan kamera handphone tidaklah sulit karena bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga atau merubah ukuran file photo secara online.
Untuk cara penggunaan pun terbilang mudah baik menggunakan aplikasi pihak ketiga ataupun dengan cara online karena tidak memerlukan keahlian khusus.

Seperti pada artikel kali saya akan membagikan cara merubah ukuran photo dengan menggunakan aplikasi Android dan merubah size photo secara online, hanya dengan beberapa klik saja file photo yang sebelumnya berukuran Mega Byte (MB) akan menjadi Kilo Byte (KB).

Dengan berbagai alasan yang mengharuskan untuk merubah ukuran Photo mulai dari minimnya Memory Penyimpanan, atau hendak mengupload ke akun Media Sosial seperti ke Facebook, Twitter, Instagram atau yang lainnya.
Karena dengan mengecilkan file terlebih dahulu sebelum di upload akan mempercepat proses upload, yang tentunya akan menghemat kuota yang di terpakai.

Seperti halnya bagi seorang blogger Mengecilkan ukuran gambar sebelum di pasang di postingan adalah hal yang perlu di lakukan gunanya untuk mempercepat proses loading ketika artikel blog tersebut di akses.


Aplikasi android untuk merubah ukuran File Photo

Yang perlu anda ketahui, dengan merubah ukuran asli photo (di kompres) akan mengurangi kualitas photo itu sendiri dari yang sebelumnya photo terlihat tajam setelah di rubah akan terlihat sedikit Blur.

Untuk menyiasati nya anda bisa mencoba beberapa Opsi Resolusi Pixel sampai menemukan Kualitas Photo yang sesuai anda inginkan namun dengan ukuran file yang lebih kecil dari sebelumnya.

Aplikasi android untuk merubah ukuran file photo sudah banyak di buat oleh para developer dan sudah tersedia di Play Store, seperti diantaranya yang akan saya ulas di artikel ini yaitu Photo Resizer dan Image Resize.

Berikut ini cara menggunakan aplikasi editor photo Android


Di sini saya contohkan dengan 2 aplikasi andoid untuk merubah ukuran photo :

1. Photo Resizer

Photo Resizer
Develover : farluner apps

Buka aplikasi terdapat dua opsi, tombol > Pilih Photo photo yang sudah ada, atau pilih Ambil Photo jika akan mengambil photo terbaru.

Pilih Photo, selanjutnya akan di arahkan ke media penyimpanan seperti Gallery lalu pilih photo yang akan di resize dan klik > OK, setelah di pilih lihat ukuran aslinya photo tersebut contoh: gambar bawah ini dengan resolusi 3120x4160 = 1,4 MB.



Lalu klik tombol > Pixel yang di lingkari merah akan terlihat opsi pilih dimensi atau menyesuaikan Lebar X Tingggi seperti contoh: gambar screenshot di bawah ini memilih 780x1040 ukuran gambar berubah menjadi 151 kb.
Sedangkan tombol ikon di samping pixel fungsinya untuk memotong gambar (Crop) dengan memilih opsi potong manual atau menyesuaikan lebar dan tinggi seperti contoh ukuran 640x640.

2. Image Resize

Image Resize
developer : SATO-SOFTHOUSE

Buka aplikasi klik tombol next atau tombol gulir lalu klik ➔ Finish, selanjutnya akan terlihat semua photo yang ada di gallery.
Pilih satu photo atau lebih dari satu, dengan cara di ceklis lalu klik > Pixel untuk memilih resolusi pixel yang anda inginkan.

Dengan ngeklik salah satu PX, maka akan otomotis proses Reduced Size lihat hasilnya seperti pada gambar screenshot di bawah ini.



Selanjutnya klik > Save To SD Card untuk menyimpannya ke Gallery. Kelebihan aplikasi Image Resize ini bisa memilih beberapa photo sekaligus.

keterangan : Kedua aplikasi di atas ini mungkin bukanlah aplikasi editor photo terbaik namun hanyalah sebagai contoh kecil saja, dan dengan segala kekurangan dan kelebihan aplikasi tersebut tentunya anda sendiri yang menilai.

Cara merubah ukuran File Photo secara Online


Selain dengan cara Ubah file photo dengan bantuan aplikasi android yang sudah saya jelaskan di atas, untuk merubah ukuran gambar atau file photo bisa di lakukan dengan cara online.

Buka aplikasi browser lalu kunjungi URL : compresspng.com, tampilan laman situs seperti gambar screenshot di bawah ini.



Jenis file yang bisa di rubah di situs tersebut adalah file yang berextensi JPEG, Png, dan PDF.
Caranya,  tentukan Extensi file yang akan anda rubah dengan klik salah satu di antara JPEG, PNG, PDF di media penyimpanan lalu klik ➔ Upload File > Pilih file di media penyimpanan smartphone.

Selanjutnya setelah file di upload, secara otomatis file tersebut akan di kompres dan tunggu hingga proses kompresi selesai, selanjutnya klik > Download untuk menyimpan dan lihat hasilnya.

Situs kompres file online lainnya
http://optimizilla.com/
https://tinypng.com/
http://www.picresize.com/

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar