Skip to main content

follow us

Cara Cek Kepesertaan JKN-KIS (BPJS Kesehatan)

Untuk mengetahui status kepesertaan JKN-KIS bisa di cek melalui handphone yaitu dengan bantuan aplikasi yang sudah tersedia bagi pengguna Android dan IOS.
Lalu apa Perbedaan BPJS Kesehatan dan JKN-KIS?
BPJS Kesehatan yang sekarang berganti nama menjadi JKN-KIS adalah gabungan dari Jaminan kesehatan nasional dan Kartu Indonesia Sehat.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan merupakan program Asuransi Kesehatan milik pemerintah sama seperti BPJS ketenagakerjaan yang membidangi ketenagakerjaan. Asuransi kesehatan milik pemerintah ini tidak kalah bagusnya jika di bandingkan dengan asuransi kesehatan yang miliki swasta dan perbedaan yang paling mencolok diantara keduanya adalah, Premi BPJS kesehatan lebih terjangkau oleh semua golongan masyarakat tidak seperti asuransi kesehatan milik swasta yang hanya bisa terjangkau oleh golongan masyarakat menengah keatas.

BPJS Kesehatan itu sendiri di resmikan pada akhir desember 2013 dan di tujukan bagi seluruh rakyat Indonesia tak terkecuali masyarakat golongan bawah menengah dan atas.
Kepesertaan JKN-KIS itu sendiri terbagi dalam 2 bagian

  1. Kelompok masyarakat yang wajib mendaftar dan membayar iuran sendiri Seperti Melalui ATM ataupun pekerja yang di daftarkan dan di biayanya di tanggung oleh perusahaan di mana mereka bekerja.
  2. Kelompok masyarakat miskin tidak mampu yang didaftarkan oleh pemerintah dan iurannya dibiayai oleh pemerintah*

Sistem yang di anut JKN-KIS adalah prinsip Gotong Royong, dimana setiap iuran yang anda bayar akan digunakan untuk membiayai pengobatan atau perawatan peserta lain yang lebih dulu membutuhkan dan begitupula jika terjadi sebaliknya.
Saat ini ada cara mudah untuk mengecek Kepesertaan JKN-KIS dan bisa di lakukan secara real time dengan menggunakan aplikasi JKN-KIS Mobile  seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini bagi pengguna Android, meliputi penggunaan Fitur Penting yang ada di dalamnya. Termasuk bagi masyarakat umum yang belum terdaftar di program jaminan kesehatan JKN-KIS bisa Mendaftar melalui Aplikasi tersebut dengan melakukan pendaftaran secara online sebagai alternatif lain selain mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan.


Hak Dan Kewajiban Peserta yang bukan pekerja dan bukan Penerima Bantuan Iuran


Hak Peserta
  • Mendapatkan kartu E-ID peserta sebagai identitas untuk memperoleh pelayanan kesehatan.
  • Memperoleh manfaat dan informasi tentang hak dan kewajiban serta prosedur pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja dengan BPJS Kesehatan
  • Menyampaikan keluhan / pengaduan, kritik dan saran secara lisan atau tertulis kepada BPJS Kesehatan.

Kewajiban Peserta
  • Mendaftarkan dirinya dan anggota keluarganya sebagai peserta BPJS Kesehatan.
  • Membayar iuran bulanan
  • Memberikan data dirinya dan anggota keluarganya secara lengkap dan benar
  • Melaporkan perubahan data dirinya dan anggota keluarganya, antara lain perubahan golongan, pangkat atau besaran gaji, pernikahan, perceraian, kematian, kelahiran, pindah alamat dan Pindah Fasilitas kesehatan tingkat pertamanya.
  • Menjaga kartu peserta (E-ID) agar tidak rusak, hilang atau dimanfaatkan oleh orang yang tidak berhak.
  • Mentaati semua ketentuan dan tata cara pelayanan kesehatan.

Premi bulanan untuk peserta JKN-KIS

  • Rp. 25.500,- bagi peserta JKN-KIS kelas III dengan pelayanan di ruang rawat inap RS di kelas III
  • Rp. 51.000,- bagi peserta JKN-KIS kelas II dengan pelayanan di ruang rawat inap RS kelas II
  • Rp. 80.000,- bagi peserta JKN-KIS kelas I dengan pelayanan di ruang rawat inap RS kelas I
Untuk informasi terbaru seputar iuran peserta JKN-KIS, kunjungi situs resmi : bpjs-kesehatan.go.id

Untuk dapat mengecek kepesertaan JKN-KIS melalui Aplikasi JKN-KIS Mobile tentunya di tujukan bagi masyarakat yang sudah mendaftar di program pemerintah tersebut dan sudah mempunyai E-ID atau kartu peserta JKN-KIS.

Keterangan : Penerima KIS dari pemerintah tidak bisa di cek kepesertaan nya melalui aplikasi JKN-KIS Mobile.

Pendaftaran Kartu Peserta JKN-KIS di Aplikasi JKN-KIS Mobile


Sebelum lanjut, bagi pengguna Android yang belum menginstall aplikasi JKN-KIS Mobile, unduh terlebih dahulu di Play Store dengan mengetikkan JKN-KIS Mobile di pencarian aplikasi


Setelah aplikasi di unduh, buka aplikasi JKN-KIS yang tampilan nya seperti gambar di atas ini, kemudian klik pada tombol > Pendaftaran Pengguna Mobile


Isilah kolom pendaftaran seperti yang terlihat pada gambar atas ini, di isi dengan data kepala keluarga yang tertera di kartu keluarga (KK). Data yang sama ketika pertama kali mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan, seperti :
  • Nomor peserta BPJS Kesehatan : isi sesuai dengan nomor yang tercantum di kartu JKN-KIS contoh: 000183123xxxx
  • NIK E-KTP: isi dengan 16 digit angka NIK yang di KTP atau KK
  • Tanggal Lahir : isi dengan tanggal lahir yang tertera di KTP atau KK contoh :01-01-1980
  • Nama Ibu Kandung : isi dengan nama ibu kandung (lihat di kartu keluarga)
  • Email : isi dengan email yang Valid untuk menerima email konfirmasi pendaftaran dan notifikasi lainnya
  • No Handphone : isi dengan No Hp yang Aktif.
  • Password : isi dengan kata sandi yang anda buat sendiri tidak memakai spasi.
  • Konfirmasi Password : isi dengan kata sandi yang sama seperti di atas ini.
Setelah semua kolom pendaftaran di isi dengan data yang sesuai dengan data anda, selanjutnya Klik pada tombol > Register

Baca juga : Ubah faskes JKN-KIS melalui Aplikasi

Jika berhasil, akan ada notifikasi yang menerangkan bahwa pendaftaran kartu di aplikasi JKN-KIS berhasil lalu Klik > Ok.
Selanjutnya akan diarahkan pada laman Verifikasi, kode untuk aktivasi akan di kirimkan ke no Handphone dan ke alamat email anda.



Periksa sms yang masuk atau periksa kotak masuk email, jika sudah mendapatkan kode Aktivasi seperti gambar di atas ini. Lalu Catat atau salin kode tersebut.


Untuk Aktivasi pendaftaran bisa melalui laman aktivasi di awal tadi, atau dengan cara membuka aplikasi JKN-KIS seperti gambar di atas ini. Klik tombol Verifikasi Pendaftaran, lalu masukan alamat email dan masukan kode Aktivasi yang di salin tadi di bawahnya dan klik > Verif.

Langkah selanjutnya login dengan memasukan alamat email dan kata sandi yang di buat di awal untuk mengetahui Fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Keterangan : Bila ada yang belum jelas, silahkan buka komen di akhir artikel ini untuk di diskusikan bersama - sama.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar