Skip to main content

follow us

Cara membuat Artikel menggunakan Aplikasi Blogger

Untuk memudahkan para blogger dalam menulis artikel blog di blogspot menggunakan handphone, Google selaku pemilik blogspot telah menyediakan aplikasi berbasis Android yang di beri nama Blogger.

Dengan menginstall aplikasi blogger akan terintegrasi langsung dengan blog yang anda miliki di blogspot hanya dengan login menggunakan Akun Google yang sama dengan akun blogger.com.

Menulis artikel melalui aplikasi blogger yang di sebut dengan Post seluler bisa langsung di Publikasikan atau di simpan sebagai Draft sama seperti membuat langsung di web blogspot.

Di artikel ini selain mengulas tentang Cara membuat artikel menggunakan aplikasi blogger Saya juga akan membagikan Tips membuat tulisan yang berextensi .txt dengan bantuan aplikasi android Xplore, seperti layaknya menulis di Notepad pada PC desktop, untuk selanjutnya di publikasikan menjadi sebuah artikel.


Membuat Artikel Offline


Membuat artikel menggunakan aplikasi Xplore File Manager atau yang saya sebut artikel offline dikarenakan tidak membutuhkan koneksi internet.
Unduh Xplore melalui link di bawah ini.

Xplore

Caranya : buka aplikasi xplore akan terlihat Penyimpanan Perangkat dan memory Eksternal, pilih salah satu.



Untuk memudahkan buatlah satu folder khusus misal : Postingan, Cara membuat folder tempelkan jari di salah satu penyimpanan lalu tekan dan tahan perlahan sehingga muncul opsi, Pilih > folder baru, ketikan nama folder baru lalu klik > OK.



Selanjutnya buatlah file .txt sama seperti membuat folder, caranya tempel satu jari di folder yang baru di buat lalu tekan dan tahan perlahan hingga muncul opsi pilih > File Teks Baru ketikan nama judul artikel yang akan di buat lalu klik > OK. seperti gambar screenshot di atas.



Buka file txt lalu buatlah artikel / menulis artikel, setelah selesai membuat artikel klik pada > tiga titik di pojok kanan atas lalu pilih > Simpan.
Setelah selesai membuat artikel offline, lalu mempublikasikan artikel tersebut dengan bantuan Aplikasi blogger atau yang saya sebut online karena menggunakan aplikasi blogger memerlukan koneksi internet.

Cara menggunakan Aplikasi Blogger


Unduh aplikasi blogger di Play Store atau melalui link di bawah ini.

Blogger

Caranya: sorot semua tulisan (isi artikel txt) dengan cara tempel satu jari lalu tekan dan tahan perlahan sehingga muncul opsi > Plih Semua seperti di gambar No.1, dan lalu pilih > Salin seperti di gambar No.2.



Selanjutnya keluar dari aplikasi Xplore, dan tahap berikutnya buka Aplikasi Blogger, tampilannya seperti gambar di bawah ini, lalu buatlah judul artikel baru dengan cara klik ikon pensil.



Bagian atas adalah > Judul Artikel, isilah sesuai dengan isi artikel yang sebelumnya di salin di tulisan offline.
Klik > Konten Post (No.2 di gambar bawah ini), tempelkan salah satu jari di atas halaman kosong di layar lalu tekan dan tahan perlahan akan muncul opsi pilih > Tempel.
Selanjutnya isi > Label / kategori akan muncul opsi label yang sebelumnya sudah ada atau membuat label baru. Seperti gambar screenshot bawah ini.



Setelah klik tempel, layar konten pos yang tadinya kosong akan terisi oleh tulisan artikel yang sebelumnya di salin, lihat gambar no.1 bawah ini.



Selanjutnya lihat gambar no.2, ini merupakan tahap akhir, jika akan mempublikasikan artikel maka pilih > Publikasikan atau pilih Draf di sebelahnya jika akan menyimpan, untuk di publikasikan di kemudian hari.
Sekian Cara membuat artikel offline menggunakan xplore dan membuat artikel online menggunakan aplikasi blogger.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar