Cara Terbaru Membuat Blog Bagi Pemula

Blog Azka - Cara terbaru Membuat Blog bagi pemula, Terasa ada yang hilang rasanya jika sebuah blog tidak memposting Tentang Tata Cara Membuat Blog Bagi pemula. Begitupun di blog azka ini makanya di postingan kali ini saya akan berikan cara mudah Membuat Blog di Blogger.com

Alasan membuat Blog di Blogspot?
Karena di blogspot menyediakan Subdomain gratis. Untuk membuat sebuah blog tidak harus menguasai keahlian khusus atau harus memahami tentang kode-kode HTML.
Baca : Cara Mendaftarkan Blog Ke Search Engine
Seperti halnya saya mengerti tentang kode html itu bisa dengan sendirinya walaupun belum menguasai semua. Anda juga bisa asalkan mau belajar dan membaca tentang cara memembuat blog. Searching di google tentang hal yang belum anda pahami untuk mempelajarinya. Bagi pemula Newbie pun bisa membuat sebuah blog.

Cara Terbaru Membuat Blog Bagi Pemula

Modal Smartphone Android
Membuat blog bisa menggunakan Smartphone Android tidak mesti harus menggunakan PC komputer, karena dengan OS android terutama OS android versi terbaru sudah bisa membuka halaman web view nyaris sempurna layaknya seperti menggunakan PC, Laptop.
sebelum lanjut ke cara membuat blog perlu di di ketahui tentang
Apa itu Blog ?

Blog singkatan dari Web Log, aplikasi web yang yang berbentuk tulisan-tulisan atau postingan (artikel) pada sebuah halaman web. Dan web tersebut bisa di akses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Itulah definisi blog menurut Wikipedia 

Blogspot (blogger)

Bloger merupakan situs web layanan blog, seperti di sebutkan di Wikipedia  , blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang di buat oleh Pyra Labs dan pada tahun 2003 di akuisisi (di beli) oleh Google. Dan blogspot memberikan layanan untuk pembuatan blog secara gratis terbatas, blog yang di host oleh google ini berada di bawah subdomain.blogspot.com.
Contoh: namakamu.blogspot.com

Tujuan Membuat Blog
Sangat beragam perihal tujuan membuat sebuah blog, salah satunya jika anda suka menulis tentang hal-hal yang sekiranya bisa bermanfaat buat orang lain misalkan menulis tutorial (seperti blog azka ini) atau menulis resep masakan alangkah baiknya jika hobi anda itu di wujudkan dalam sebuah postingan dalam blog.
Atau membuat blog komunitas, bisa juga untuk berjualan online dengan memasang poto produk yang anda jual di dalam postingan. Bahkan dengan mempunyai blog anda bisa menghasilkan uang dengan membuat postingan dan mendaftar di situs publisher seperti Google Adsense.

Berikut Ini Cara Membuat Blog Menggunakan Android Bagi Pemula

Buka browser android saran saya gunakan aplikasi android Chrome, lalu masukan URL berikut https://blogger.com
Akan terbuka laman situs blogger.
Selanjutnya buka menu BUAT BLOG ada di bagian bawah halaman blogger.com
Jika anda ingin menggunakan akun google yang baru tentunya harus membuat Akun Google terlebih dahulu dengan memilih Opsi Lainnya dan klik Buat Akun.

Login dengan akun google
Login

Untuk mendaftar di blogger harus mempunyai akun google, masuk (login) terlebih dahulu ke akun google mengggunakan alamat email yang anda miliki
Contoh : namakamu@gmail.com

Masukan alamat email anda seperti contoh gambar di atas ini lalu klik tombol BERIKUTNYA.
Selanjutnya masukan kata sandi (Password) yang sama ketika membuat email tersebut, lalu klik tombol BERIKUTNYA.


Konfirmasi profil blog
Profil Blog

Setelah berhasil login (masuk dengan gmail)  akan terlihat laman pertama blogger, ada dua pilihan Profil  yang harus anda pilih
  • Profil Google+
  • Profil blogger

Pilih salah satu, profil yang di pilih adalah identitas anda sebagai penulis artikel di blog  contoh di sini memilih profil google+ , lalu klik BUAT PROFIL GOOGLE +
Membuat profil Google plus
Profil Google +

Gambar di atas ini menu untuk membuat profil google+ jika ada perubahan nama atau tgl lahir bisa di edit di menu ini, lalu Klik BUAT PROFIL

Menyiapkan photo profil Google plus
Photo Profil 

Gambar menu di atas ini jika anda ingin memasang photo avatar (photo profil google+) atau di lain waktu juga bisa, selanjutnya klik SIMPAN.


Setelah membuat profil google+ akan terbuka tampilan halaman seperti gambar di atas ini, selanjutnya klik LANJUTKAN KE BLOGGER.

Menu pemilihan nama blog
Menu Pendaftaran

Selanjutnya akan masuk ke Blogger.com lalu klik BUAT BLOG BARU, gambar di atas ini adalah tampilan membuat blog

  1. JUDUL : nama blog yang akan and buat contoh: membuat blog bagi pemula,
  2. ALAMAT : isi nama blog yang yang akan kamu buat dengan catatan nama blog yang anda inginkan masih tersedia sampai ada pemberitahuan seperti gambar di atas ini yang saya tandai No. 1, contoh: http://azka-tutorial.blogspot.com
  3. TEMPLATE : pilih template yang anda inginkan (template bisa di ganti lain waktu)
  4. Dan terakhir yang saya tandai no.3, klik BUAT BLOG
Jika muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini


Abaikan saja, itu merupakan penawaran untuk pembelian nama domain TLD seperti namakamu.com, jika  tidak klik LAIN KALI.

Dasboard blogger
Dasboard Blogger

Blog baru sudah berhasil di buat, untuk melihat hasilnya klik LIHAT BLOG.
Sekian cara Membuat Blog di blogspot bagi pemula menggunakan android.

Artikel Terkait :

Berlangganan Artikel Gratis :

1 Response to "Cara Terbaru Membuat Blog Bagi Pemula"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete