Skip to main content

follow us

Cara edit artikel agar SEO menggunakan Android

Agar supaya postingan/artikel yang kita buat di blogspot bisa di index oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan yandex, artikel tersebut selain harus menarik dan berkualitas juga harus memenuhi kriteria SEO Search Engine Optimization atau ramah di mesin pencari.
SEO berfungsi agar postingan yang kita buat dapat cepat terindex oleh mesin pencari.

Di bawah ini akan saya jelaskan artikel yang memenuhi kriteria SEO sejauh yang saya ketahui, setelah di postingan sebelumnya Cara membuat artikel blog menggunakan aplikasi android.

Dan postingan kali ini adalah cara edit artikel bagi pemula, seperti menambahkan gambar, merapihkan tulisan, mengisi label dan deskripsi, menambahkan Tag  Title dan Alt TAG Heading, Subheading, dan Minor Heading agar artikel memenuhi kriteria SEO.


Di tutorial ini saya menggunakan Android dengan aplikasi browser Chrome.

Edit artikel agar memenuhi kriteria SEO


# Menambahkan Gambar
Login ke akun blogger, lalu buka navigasi Postingan selanjutnya pilih artikel yang akan di edit.



  • Untuk menambahkan properti, pada antarmuka penulisan post Pilih mode  Compose ( yang terlihat hanya text ) seperti memasang gambar di postingan
  • Drag and Drop, yaitu sorot lokasi yang di pilih untuk menempatkan gambar lalu pilih opsi menu toolbar
  • Menu Toolbar di bagian atas dari artikel klik ikon Galery. 



Menggunakan metode Upload
  • Klik Pilih File lalu pilih gambar dari memory penyimpanan,
  • Klik Add Selected seperti gambar di atas ini. ukuran gambar akan secara otomatis  menyesuaikan dengan halaman. 
Untuk merubah ubah ukuran gambar Klik Gambar dan pilih small, medium, Large (saran saya pilih medium).

Menambahkan Tag Title dan Alt pada gambar


Untuk menambahkan Tag pada gambar pilih Mode Compose / penulisan,

klik pada gambar akan muncul beberapa opsi lalu pilih dan klik Add Properties akan muncul dua kolom isian, yaitu Title dan Alt.



  • Title adalah text yang akan muncul ketika pengunjung mengklik gambar tersebut atau ketika pengunjung tidak mengaktifkan gambar ketika menggunakan aplikasi browser.
  • Alternative Text atau biasa di sebut ALT, tujuannya untuk memberitahukan ke mesin pencari tentang maksud atau tujuan pada gambar tersebut menjelaskan "Tentang Apa

Untuk lebih mudahnya isi saja Title dan Alt dengan judul artikel dimana gambar tersebut berada lalu klik Ok untuk menyimpan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar