Skip to main content
BlogAzka.com

follow us

Awal mula blogazka di custom domain

Custom Domain blogspot dan akibatnya


Ketika pertama kali saya memutuskan untuk custom domain blogspot waktu surfing di google dengan kata kunci situs penyedia layanan domain (registrar) lalu kebetulan menemukan Qwords saya pun iseng mengecek ketersediaan nama domain blogazka pada pencarian domain di situs tersebut dan ternyata masih tersedia.
Kemudian saya coba membandingkan harga dari setiap nama domain com, .net, id, .co.id, .info, xyz.

Akhirnya saya memutuskan untuk membeli satu domain yaitu blogazka.co.id, alasan spontan ingin membeli karena saya lihat di qwords ada metode pembayaran melalui alfamart dan kebetulan sedang ada Promo.

Waktu itu memilih domain co.id karena harganya lebih murah hanya Rp.100.000 untuk di tahun pertama dan seterusnya di bandingkan dengan domain.com harga nya Rp.135.000 di tahun pertama.

Dan ada juga domain seperti .xyz yang harganya murah banget cuma Rp.20.000 di tahun pertama namun untuk perpanjangan domain xyz di tahun kedua harus membayar Rp.200.000.

Akhirnya saya putuskan memilih domain www.blogazka.co.id kemudian melanjutkan ke proses pembelian domain tersebut dan total biaya yang harus saya bayar untuk domain co.id yaitu sebesar Rp.115.000 berikut PPN dan memilih metode pembayaran melalui Doku Merchant di Alfamart.

Domain co.id bukan untuk blog personal

Namun ternyata saya salah memimih nama domain co.id, (belum paham waktu itu) karena nama domain .CO.ID merupakan nama domain yang di tujukan khusus untuk Perusahaan yang memiliki dokumen legal resmi di indonesia sedangkan saya hanya akan membuat blog pribadi.


Sehingga kalau mau memiliki namablog.co.id di haruskan mengirimkan dokumen persyaratan sebelum domain di aktifkan oleh penyedia layanan.
Akhirnya saya membatalkan untuk pembelian nama domain .co.id tersebut dengan menghubungi CS nya qwords lalu mengganti nya dengan nama domain https://www.blogazka.com hingga saat ini.

Akibat Custom Domain trafik blog menurun untuk sementara waktu

Kemudian setelah berhasil mengganti subdomain blogspot ke domain TLD (top level domain) atau yang di sebut Custom Domain, trafik pengunjung blog azka di hari kedua setelah mengganti domain menurun drastis.

Yang biasanya ketika masih menggunakan Subdomain Blogspot page view sekitar 1 ribu an perhari nya namun setelah di Custom Domain pengunjung blog hanya berkisar puluhan pengunjung.


Dari hasil penelusuran, memang biasanya terjadi demikian setelah di Custom Domain trafik blog akan menurun namun itu terjadi hanya untuk sementara waktu saja di karenakan masih dalam proses pengalihan atau di sebut Redirect 301 yaitu pengalihan dari url lama ke url baru dari nama.blogspot.com ke www.nama.com.

Karena blog saya masih menggunakan blogspot (blogger) untuk hostingnya seperti yang di sebutkan di Support google, Semua hasil penelusuran Google untuk situs anda kini akan di alihkan ke domain baru secara otomatis selama 180 hari. Kemudian trafik blog akan kembali normal seperti sebelum di Custom Domain setelah proses pengalihan selesai.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar