Ini Alasan BI Melarang Double Swipe Kartu Kredit Di Merchant

Bank indonesia melarang gesek kartu 2 kali (double swipe) kartu kredit di merchant, berikut ini informasi terkini tentang peraturan baru yang di keluarkan tanggal 05/09/2017 oleh Bank Indonesia (BI)

Pihak toko (kasir) di larang melakukan penggesekan kartu 2 kali

milik masyarakat ketika bertransaksi non tunai hanya boleh digesek sekali di mesin Electronic Data Capture (EDC). Berita ini saya kutip dari beberapa media berita online selengkapnya di bawah ini.

Photo: pl.depositphotos.com
Masyarakat yang menggunakan kartu kredit dan kartu debit saat bertransaksi non tunai perlu waspada jika toko atau merchant melakukan penggesekan ganda terhadap kartu atau double swipe,

Gubernur BI agus martowardojo mengatakan masyarakat di minta menolak dengan tegas jika kasir akan melakukan gesek kartu kredit atau debit 2 kali, Apabila masyarakat mengetahui atau mengalami praktik penggesekan ganda, maka dapat melapor ke Bank Indonesia Contact Center (Call) 131

Dengan menyebutkan nama pedagang dan nama bank pengelola yang dapat dilihat di stiker mesin EDC.
Pelarangan double swipe tersebut bertujuan untuk melindungi masyarakat dari pencurian data dan informasi kartu sebab, praktik ini rawan pencurian data pribadi nasabah hingga pembobolan kartu kredit bahkan gesek 2 kali Kartu Kredit bisa dipakai untuk membuat Kartu Kredit palsu.

Steve Marta selaku General Manager Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), mengatakan, jika data pada kartu kredit tersimpan pada merchant melalui penggesekan ganda atau double swipe, dan 3 digit Card Verification Value (CVV) yang tercantum di sisi belakang kartu dicatat, tak menutup kemungkinan data tersebut dapat digunakan untuk membuat kartu palsu. "Jika data di credit card tersimpan oleh merchant melalui double swipe dan tahu CVV kita, baik dengan dipotret atau dicatat oleh oknum kasir nakal, mereka bisa membuat kartu palsu," jelas Steve.

Dia menambahkan, ketika oknum tersebut berhasil membuat kartu kredit palsu, kartu tersebut dapat digunakan untuk transaksi di merchant online yang tidak menggunakan chip untuk bertransaksi.
Tentu hal tersebut menurutnya "Perlu diwaspadai karena sekarang banyak merchant online seperti e-commerce yang tidak perlu menggunakan chip untuk transaksi, " imbuh Steve.

Bank Indonesia (BI) telah mengatur terkait penyelenggaraan pemrosesan transaksi pembayaran. Termasuk gesek dua kali pada kartu kredit dan kartu debit di mesin kasir alias cash register Pengaturan mengenai penggesekan ganda kartu debit dan kredit ini telah tercantum dalam Peraturan BI No. 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.
Baca peraturan BI tersebut melalui Link berikut: http://www.bi.go.id/id/ruang-media/info-terbaru/Pages/BI-Larang-Penggesekan-Ganda-dalam-Transaksi-Nontunai.aspx

Berlangganan artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini Alasan BI Melarang Double Swipe Kartu Kredit Di Merchant"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel