Skip to main content
BlogAzka.com

follow us

Cara menghapus file thumbnails di Android

Cara menghapus file thumbnails di Android


thumbnails adalah file sampah yang ada di android jika tidak rutin di bersihkan semakin lama akan semakin menumpuk sehingga tanpa di sadari akan mengakibatkan kapasitas memory penyimpanan (memory internal) jadi berkurang.
Bahkan thumbnails jika sudah menumpuk akan berpengaruh pada kinerja perangkat Android itu sendiri.

File thumbnails adalah file cache yang di hasilkan dari file Photo dan Video seperti contoh ketika anda memotret suatu objek menggunakan kamera Android maka hasil potonya akan tersimpan di memory penyimpanan. Nah, selain file hasil photo itu sendiri yang berextensi PNG, JPG, JPEG, atau GIF ada juga file duplikat yang di hasilkan dari photo itu tadi yang di sebut dengan thumbnails.
walaupun ukuran file thumbnails itu tidak sebesar file photo aslinya, namun jika kamu menyimpan banyak photo atau video di Android maka akan banyak pula thumbnails nya.

Apakah file thumbnails bisa di hapus ?Tentu saja bisa, seperti yang akan saya bahas pada postingan kali ini yaitu cara menghapus thumbnails di hp android tanpa root, file thumbnails bisa di hapus secara manual dengan masuk ke file manager bawaan android, dan setiap merk android mempunyai nama manajer file berbeda, tapi intinya carilah nama file thumbnails lalu hapus gitu aja ya Gaes.

Berikut ini cara menghapus file thumbnails Android

Untuk mengetahui di mana letaknya file thumbnails berada, dan cara menghapusnya akan saya jelaskan di bawah ini saya sertakan juga gambar screenshot nya agar mudah untuk di pahami.


Contoh tampilan file manager (file saya) di hp android samsung j2 prime, seperti gambar screenshot di atas ini terlihat memory penyimpanan internal dan eksternal.

Masuk ke perangkat saya karena .thumbnail berada di memory internal.


Kemudian carilah folder DCIM, lalu masuk ke folder tersebut lihat gambar atas ini.


Selanjutnya cari folder thumbnails, seperti contoh gambar screenshot atas ini.


Setelah folder thumbnails di buka akan terlihat isinya seperti gambar screenshot di atas ini.
Selanjutnya hapuslah file - file yang ada di folder THUMBNAILS tersebut dengan tujuan untuk mengurangi kapasitas memory yang terpakai di memory internal android.

Apakah menghapus file thumbnails akan menghapus pula file aslinya ?

Tentu tidak, file asli tetap ada tidak ikut terhapus.
Namun perlu anda ketahui file thumbnails ini jika sudah di hapus tidak hilang permanen karena sewaktu-waktu akan muncul kembali lakukanlah secara rutin cara yang di jelaskan di artikel ini untuk menghapus thumbnails.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar