Skip to main content

follow us

Trik memindahkan file OBB ke micro SD, manual

Setelah di postingan sebelumnya saya menjelaskan teori cara Memindahkan data game dari memory hp ke micro SD, dan postingan kali ini merupakan prakteknya langsung saja caranya di bawah ini.

Sebagai contoh saya menggunakan hp Samsung j2 Prime di dalam smartphone Android tersebut sudah terinstall dua Games HD yang berukuran besar yaitu :
1. PESCM (Pes club manajer)
2. Modern Combat

Games yang pertama yaitu Pes Club Manager untuk data game nya ada di memory internal yaitu tempat yang memang seharusnya data Games tersebut berada, jadi bisa langsung di mainkan gamenya.


Sedangkan untuk game yang kedua yaitu Modern Combat data game nya tersimpan di Micro SD jadi tidak bisa di mainkan. Jika Anda memaksa untuk membuka aplikasi games yang datanya berada di tempat lain maka anda akan menyesal karena semua data akan kembali semula dan poin yang sudah anda peroleh akan hilang dan anda pun diminta untuk mengunduh data game yang hilang tersebut.



Dan jika akan memainkan Games yang kedua yaitu Modern Combat (data game tersimpan di micro sd) maka caranya pindahkan terlebih dahulu data game PESCM ke micro SD gunanya untuk mengosongkan memory internal untuk selanjutnya ruang yang kosong tersebut akan di isi oleh data game Modern Combat.

Caranya : Buka menu File manager di
Samsung j2 Prime, seperti pada gambar screenshot di bawah ini.



Terlihat ada dua tempat penyimpanan :
  • PERANGKAT SAYA atau memori internal yang sudah hampir penuh (lihat gambar atas ini) tinggal sedikit ruang memory yang tersisa padahal hanya ada satu data games
  • KARTU SD atau memory external

Contoh saya menggunakan Micro SD yang 8GB.
Lalu buka menu PERANGKAT SAYA.



Lalu cari folder ANDROID dan jika sudah di temukan lalu klik dan buka folder tersebut.



Selanjutnya anda cari folder OBB, Folder obb adalah kumpulan data yang di dalamnya terdapat file OBB yang berukuran besar dan biasanya hanya ada di suatu game HD (High Definition) yang di download dari Play Store atau dari sebuah website. Seperti game bola PESCM yang di dalamnya terdapat file obb.



Setelah folder OBB di temukan lalu buka folder tersebut kemudian cari dan buka folder > jp.konami.pesclubmanager



Selanjutnya lihat pada gambar screenshot yang di atas ini, File OBB dari game Pes Club Manajer (PESCM) ukuran File nya lebih dari 1 GB, jika file obb ini di pindahkan maka game pescm tidak bisa di mainkan.



Selanjutnya pindahkan file obb tersebut ke Micro SD, Caranya klik 3 titik / Option di sebelah kanan layar seperti pada gambar atas.

Lalu Pilih UBAH.



Kemudian pilih PINDAHKAN



Selanjutnya PILIH KARTU SD sebagai tujuan yang di tandai merah seperti pada gambar yang di atas.



Agar supaya tidak bingung ketika akan di pindahkan ke tempat asalnya semula, buatlah folder di kartu SD dengan nama yang sama persis seperti di PERANGKAT SAYA (memori internal).
Seperti contoh membuat folder OBB, lalu klik pada > OBB.



Selanjutnya buatlah Folder jp.konami.pesclubmanager, kemudian klik folder tersebut. Dan terakhir klik > Selesai di bagian kanan atas maka proses memindahkan file obb ke kartu sd akan berjalan, Tunggu hingga proses pemindahan selesai.

Setelah selesai memindahkan data game PESCM ke micro sd, maka selanjutnya memindahkan data game Modern Combat ke memory internal agar bisa untuk di mainkan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar