Skip to main content

follow us

Memindahkan data game dari memory hp ke micro SD tanpa Root dan aplikasi

Saat ini banyak vendor ponsel yang merilis handphone android baru dengan spesifikasi menyediakan memory internal sebesar 8GB.
kelihatannya 8GB itu besar bukan, namun kenyataannya tidaklah demikian karena memory internal sebesar 8GB tersebut bukanlah jumlah memory yang tersisa melainkan jumlah keseluruhan dari memory hp android itu sendiri karena dari 8GB tersebut sudah terpakai oleh memory system (OS Android) dan terpakai oleh aplikasi bawaan jadi memory yang tersisa sebenarnya hanyalah sekitar 1GB - 2GB.

Lalu bagaimana jika hp android yang memiliki memory internal sebesar 8GB, apakah bisa menginstall banyak game dan aplikasi ?
Terutama game berat / HD (High Definition) seperti contoh game PESCM (pesclub manager), Aspalt8, dan Modern Combat, ukuran file dari ketiga game tersebut adalah lebih dari 1GB.
Dan jika ketiga game tersebut di install di hp android maka memory yang terpakai akan lebih dari 3GB.

Untuk menyiasati handphone android yang memiliki memory internal 8GB namun ingin menginstall ketiga game yang di sebutkan di atas, melalui postingan ini saya akan memberikan trik di bawah ini mudah-mudahan bisa di mengerti dan dapat di pahami. Dan tentunya trik android yang saya bagikan di sini sudah saya praktekan dan terbukti berhasil yaitu Cara memindahkan data Game Android dari memory handphone ke Micro SD tanpa Root dan tanpa bantuan Aplikasi.


Trik nya adalah, ketiga game tersebut bisa di install di hp android yang mempunyai memory internal 8GB dengan catatan di antara ketiga game tersebut hanya satu game yang bisa di mainkan karena data game nya tersimpan di memory internal.
Sedangkan data game yg kedua dan ketiga berada di memory external (micro sd).

Sebagai contoh ponsel android yang saya gunakan adalah Samsung j2 Prime
Spesifikasi :
  • Memory internal 8GB
  • RAM 1,5 GB

Samsung j2 prime memory internalnya hanya 8 GB itupun sudah terpakai oleh memory system dan aplikasi bawaan jadi memory internal yang tersisa sekitar 1,5 GB.

Dengan memory yang tersisa cuma satu setengah gigabyte maka hanya bisa menginstall satu Game, contoh install game Pes Club Manager yang memakan memory 1gb lebih sehingga mengakibatkan memory internal menjadi penuh dan tidak bisa install game lain yang ukuran file nya sama besarnya dengan game pescm.

Nah, supaya game ke dua bisa di install padahal memory yang tersisa tidak mencukupi seperti contoh akan menginstall game balap mobil yaitu Aspalt8, maka pindahkan terlebih dahulu data game pescm ke micro sd lalu setelah data game pescm di pindahkan ke micro sd maka game pescm jangan di buka terlebih dahulu karena jika di buka maka akan otomatis mengunduh data game pescm yang hilang karena di pindahkan ke micro sd.

Jika game aspalt8 sudah di install, maka untuk menginstall game yang ketiga seperti game perang Modern Combat maka lakukan langkah seperti ketika akan menginstall game kedua.

Selanjutnya jka akan memainkan salah satu dari ketiga game tersebut maka data game nya harus berada di memory internal dengan cara mengembalikan data game ke semula.

Cara ini tidak menggunakan aplikasi apalagi memerlukan akses root, karena trik yang saya jelaskan di sini yaitu memindahkan secara manual data game dari internal ke memori external hanya untuk sementara di karenakan akan memainkan game yang kedua atau akan menginstall game yang lain, dan untuk caranya baca postingan Berikut ini.

You Might Also Like:

Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar